Rumah Adat Tangwah

0
1758

Secara administratif Rumah Adat tangwah terletak di Desa Purnama, Kecamatan Pureman, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa tenggara Timur dengan kordinat geografi di area 51 L, 0693810, 9095996 UTM. Jarak dari Kalabihi Ibu Kota Kabupaten Alor dapat ditempuh dua cara yaitu:

  1. Dari Kalabihi ke Peitoko Ibu Kota Kecamatan Pureman, menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh kurang lebih 7 jam.
  2. Dari Peitoko ke obyek situs dengan perjalanan kaki kurang lebih 1 km.

Rumah adat Tangwah berdiri tegak dengan ketinggian 10 meter dari permukaan lauctdan 15 meter kearah selatan pantai dengan ukuran :

  • Panjang : 5,5 m,
  • Lebar : 5 m
  • Tinggi : 8 m

Rumah adat Tangwah dibangun sekitar abad ke XVII oleh nenek moyang Etsak Mosak dan Kangmuk Atangmuk dari suku Tangle. Rumah adat Tangwah berbentuk paramida. Di dalam rumah adat tersimpan sejumlah benda pusaka antara lain moko dan benda pusaka lainnya serta hasil panen setiap tahun. Rumah adat Tangwah merupakan bukti kebesaran dan kebanggaan SukuTangle, namun tidak bertahan lamakarena terjadi kebakaran di kampong Ukamana sehingga rumah adat Tangwah juga turut terbakar termasuk benda sejarah yang tersimpan didalamnya. Untuk mengangkat kembali nama kebesaran nenek moyang suku tangle di masa lampau maka pada tahun 1994 Z.S. Waluba membangun kembali rumah adat Tangwah dengan bentuk dan motif yang sama dimasa abad 17 di Maumana Desa Purnama.

Di dalam rumah adat Tangwah disimpan:

  1. benda pusaka pengganti Moko Pusaka PugoSawalili.
  2. tiga Gong Pusaka
  3. Alat-alat perlengkapan perang
  4. pakaian dan perhiasan perempuan.
  5. hasil panen tiap tahun.