Pura Tirtha Empul (Bagian 1)

1
1135

Pura Tirtha Empul terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Pura ini dapat dicapai dengan mudah, karena telah dihubungkan dengan jalan ray yang sangat baik. Dari Denpasar, perjalanan akan menempuh jarak sekitar 32 km.

Nama Tirtha Empul untuk pertama kali dapat dijumpai pada laporan tahunan Dinas Purbakala (Oudheidkuning Dienst/OD) yaitu Oudheidkuning Versla (OV) 1924. Dalam laporan ini terdapat foto prasasti di Pura Sakenan Manukaya yang memuat nama tempat suci Tirtha Empul (OD o, OD 8711). Alih aksara pertama dari prasasti ini  dimuat dalam buku Oudheden van Bali  (1), Het Ouderijk Van Pejeng, teks (Stutterheim, 1929 : 68-69).

Menurut informasi dari masyarakat setempat bahwa dahulu ada tradisi mengusung prasasti itu setiap Purnama Kapat (kartika) ke Tirtha Empul. Disebutkan pula bahwa prasasti yang sekarang tersimpan di Pura Sakenan Sarasidi, Tampaksiring sekitar 500 meter di sebelah selatan Pura Tirtha Empul. Dari kegiatan inventarisasi yang dilakukan OD pada tahun 1927 di Pura Tirtha Empul berhasil didaftar peninggalan klasik berupa sebuah arca pancuran berbentuk singan dan nandi (OV, 1927 : 140). Pada situs ini, dahulu juga terdapat bebaturan kuna dan beberapa batu lepas (Kempers, 1977 : 160).

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR