Jembatan Kampung Tinggi Dibangun Sekitar Abad 18 Masehi

0
2204
Jembatan Kampung Tinggi Singaraja
Jembatan Kampung Tinggi Singaraja

Jembatan Kampung Tinggi di Singaraja merupakan tinggalan kolonial Belanda yang diperkirakan dibangun sekitar abad 18 Masehi. Jembatan ini telah diinventarisasi dengan Nomer Inventaris : 2/14-08/TB/3 pada tahun 2004 yang diketuai oleh Drs. I Wayan Gede Yandya Tenaya.

Jembatan Kampung Tinggi berlokasi di Dusun Pabean, Desa Kampung Tinggi, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Fungsi awal dibangunnya jembatan ini digunakan sebagai penyeberangan dan hingga saat ini masih dipergunakan sebagai penyeberangan. Seperti kebanyakan jembatan tinggalan kolonial yang masih ada tidak dapat dipergunakan secara maksimal yang disebabkan volume beban yang menggunakan jembatan sebagai tempat penyeberangan semakin hari semakin berat, sehingga dibangunlan jembatan pengganti yang menyesuaikan terhadap beban kendaraan yang melewatinya.

Jembatan Kampung Tinggi Singaraja
Jembatan Kampung Tinggi Singaraja

Jembatan Kampung Tinggi memiliki gaya bangunan eropa. jembatan yang dibangun dekat dengan laut ini dikelola dan dirawat oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Buleleng.