Inventarisasi Situs Pura Ulun Suwi/Palungan Batu

0
90

Secara administrasi Pura Ulun Suwi berada di Lingkungan Banjar Palungan Batu, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana. Untuk mencapai lokasi Pura Ulun Suwi sangat mudah ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Berdasarkan buku catatan profil Desa bahwa lokasi ini berjarak ± 96 km dari Ibu kota Provinsi dan 5 km dari Ibukota Kabupaten Jembrana. Situs ini telah di inventarisasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Bali pada tahun 2020 dengan nomer inventarisasi: 3/14-01/STS/24.

Pura ini berada di sebelah timur jalan dengan letak yang sangat strategis karena berada di tengah pemukimanan warga, adapun batas-batasnya yaitu:

  • Utara  : Tegalan dan Jalan
  • Timur  : Pura Ratu Empu Batu Mecaling
  • Selatan  : Rumah Warga
  • Barat : Jalan

Secara struktur Pura Ulun Suwi terdiri dari dua halaman yaitu jaba dan jeroan, dengan arah hadap barat. Areal pura dibatasi oleh tembok keliling berbahan beton untuk membatasi atau membedakan dengan areal yang ada di sekitarnya. Untuk memasuki halaman jaba harus melalui sebuah pintu berupa candi bentar berbahan beton yang terletak pada sisi barat.

Areal jaba dan jeroan dibatasi oleh tembok berbahan beton serta dua buah gapura berbahan beton, satu buah gapura utama dan satu buah candi bentar sebagai akses keluar masuk ke jeroan. Posisi areal jeroan lebih tinggi dibandingkan dengan areal jaba. Sehingga pada gapura sisi utara ditambah anak tangga. Areal jeroan sudah ditata dengan baik, pelinggih-pelinggih dibuat berstyle Bali berbahan beton yang telah diukir. Benda yang diduga cagar budaya yang terdapat di pura ini diletakkan pada areal jaba atau di areal halaman luar pura di atas altar berbahan beton yang menghadap ke arah barat yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk menghaturkan sesajen tidak perlu lagi masuk ke areal pura.

Benda Cagar Budaya/Diduga Cagar Budaya

Sarkofagus/Palung Batu

Sarkofagus/Palung Batu

Sarkofagus/Palung Batu memiliki ukuran lebar: 60 cm, Panjang: 115 cm, dan tebal: 42,5, sedangkan pada bagian cekungannya memiliki ukuran panjang: 70 cm, lebar: 38 cm, kedalaman: 17 cm. terbuat dari bahan batu padas dengan warna abu-abu. Sarkofagus/Palungan Batu berbentuk persegi empat panjang (wadah) tanpa tutup. Bagian depan dan belakang terdapat pahatan/tonjolan berbentuk persegi empat yang sudah patah. Bagian bawah terdapat potongan yang sudah ditumbuhi lumut serta di dalam lubang berisi genangan air karena musim hujan.