Goa Gajah Beserta Peninggalannya (Bagian.3)

0
594

Kemarin telah dijelaskan beberapa tinggalan yang ada di dalam goa di situs goa gajah.

Riwayat Penemuan Situs Goa Gajah

Goa Gajah Beserta Peninggalan di Dalamnya (Bagian.1)

Goa Gajah Beserta Peninggalannya (Bagian.2)

berikutnya dijelaskan beberapa tinggalan yang ada di komplek Petirtaan. Komplek Petirtaan terletak 11 meter disebelah selatan muka goa. air yang keluar dari Petirtaan didapatkan dari sumber air yang terletak 100 meter di sebelah timur goa. air tersebut dialirkan melalui saluran pancuran yang berdiri sejajar pada dinding timur kolam. Komplek ini disebut kolam suci/Petirtaan yang merupakan tanda kedewaan. Adapun tinggalan purbakala yang terdapat dikomplek ini adalah :

1. Enam buah Arca Pancuran

Keenam buah arca pancuran ini terdiri dari 2 arca laki-laki dan 4 arca wanita terbuat dari batu padas keras. Mempunyai ciri bentuk perhiasan sama, demikian pula ukuran dari masing-masing arca adalah sama dengan tinggi 2,30 meter termasuk lapiknya yang berukuran 72 x 58 cm. Arca-arca ini dengan sikap berdiri tegak di atas padmasana yang sudah dalam keadaan aus. Kedua tangan memegang sesuatu benda berlubang kecil yang mengucurkan air ke dalam kolam. Di belakang arca terdapat sandaran yang lazim disebut prabhamandala. Raut muka tampak tenang, rambut sebagian disanggul ke atas dan sebagian lagi menjurai ke pundak.Sanggulnya juga berhiaskan pita baik pada arca laki-laki maupun arca wanita. Telinganya memakai subeng, lehernya memakai kalung, lengannya berhiaskan kelat bahu dan gelang. Bagian perut sampai pergelangan kaki ditutupi dengan kain dan ujung kain diwuru menjuntai ke bawah di antara kedua kakinya. Pada bagian kiri kanan pinggang terdapat sampur  yang berfungsi pula sebagai pengikat kain di atas. Oleh karena terlalu lama terpendam dalam tanah maka bagian-bagian dari keenam arca pancuran ini nampak sudah aus.

2. Kolam Petirtaan

Kolam petirtaan ini terdiri dari 3 budah dan masing-masing kolam tersebut dipisahkan dengan tembok-tembok rendah. Secara keselurahan kolam petirtaan ini memanjang dari utara ke selatan berukuran 23 meter dan lebar 13 meter dengan kedalaman 3 meter dengan kolam selatan yaitu 8,5 meter x 13 meter, sedangkan kolam berukuran tinggi 2,05 meter.

BAGIKAN
Artikulli paraprakPELESTARIAN CAGAR BUDAYA MEMBANGUN KETAHANAN BUDAYA BANGSA
Artikulli tjetërGoa Gajah Beserta Peninggalannya (Bagian.4)
Balai Pelestarian cagar Budaya Bali Wilayah Kerja prov. Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur Jalan Raya Tampaksiring, Bedulu, Blahbatuh, Gianyar, Bali 80581 Telepon (0361) 942347, Fax (0361) 942354 e-mail: bpcbbali@kemdikbud.go.id dan bp3_bali@yahoo.com

TINGGALKAN KOMENTAR