USTADZ ABDUL SOMAD Lc MA KUNJUNGI/ZIARAH MAKAM MAHARAJA GURAH DAN KUBURAN MASSAL TSUNAMI DI KECAMATAN PEUKAN BADA ACEH BESAR

0
852

USTADZ ABDUL SOMAD Lc MA KUNJUNGI/ZIARAH MAKAM MAHARAJA GURAH DAN KUBURAN MASSAL TSUNAMI DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

 BPCB Aceh, 27/12/2018. Pada tangggal 26 Desember tahun 2018. Ustadz Abdul Somad Lc MA, mengunjungi/berziarah ke kuburan massal korban gempa dan tsunami tahun 2004. Pada kuburan massal tersebut dikebumikan sekitar 2.500 orang yang meninggal karena tertimpa musibah pada saat itu dan  makam ini berada di gampong Gurah Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Selain itu beliau berkunjung ke Makam Maharaja Gurah. Maharaja Gurah dalam khasanah tradisi lisan adalah seorang ulama sekaligus “Raja” di Glee Gurah, makam terletak di Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Foto Kunjungan/ziarah Ustadz Abdul Somad Lc MA pada Makam Maharaja Gurah Papan nama dan larangan situs cagar budaya Kompleks Makam Maharaja Gurah

Makam ini berstatus cagar budaya dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, pada tahun 2018 Kantor BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Aceh juga memasang papan nama di komplek Makam tersebut.

Usai berziarah Ustad Abdul Samad melanjutkan tausiyah di Masjid Tgk. Chik Gurah dalam rangka memperingati gempa dan tsunami Aceh 14 tahun yang silam.  Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan  3 (tiga) hikmah yang dapat dipetik masyarakat Aceh dari kejadian musibah gempa dan tsunami Aceh, dan 5 hal untuk menatap masa depan.

Hikmah yang pertama adalah  dengan peringatan tsunami kita dapat bersilaturrahmi dan menyatukan yang cerai berai, yang kedua  Menyadarkan  kita semua akan binasa, kita bisa mengenang bahwa kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa dan kita akan mati menghadap Allah maka bawalah amal yang shaleh, dan yang ke tiga  bahwa masyarakat Aceh  kuat ditimpa badai, tsunami dan komplit masyarakat tetap kuat keimanannya.

5 hal bagaimana menatap masa depan yang pertama adalah harus kembali mengamalkan ajaran Islam  dengan mendirikan Dayah dan pesantren, yang kedua pererat kerjasama tim, yang ketiga  selamatkan anak muda, yang keempat jaga perempuan dan yang ke lima kita tidak boleh angkuh dan sombong karena do,a adalah senjata. Penjelasan selanjut di shere pada https://www.youtube.com/watch?v=yUlq8ywa53E.

Foto new serambi Indonesia

Foto screenshot video Aceh Tv suasana siaran langsung pada tanggal 26 Desember 2018

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR