Perkuatan struktur benteng utama Komplek benteng Anoi Itam, Di Kota Sabang, Prov. Aceh

0
627

BPCB Aceh: Melaksanakan kegiatan Perkuatan strukturpada  komplek benteng Anoi Itam, Kota Sabang, Prov. Aceh yang merupakan salah satu tufoksi BPCB Aceh dalam pelestarian cagar budaya. Perkuatan benteng utama ini merupakan bagian dari pemugaran. Adapun tindakan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan lebih lanjut, dengan dana yang terbatas sehingga pemugaran berkelanjutan. Dari hasil analisis kerusakan studi teknis terdapat empat benteng yang mengalami kerusakan dalam komplek benteng ini. Akan tetapi dana atau biaya yang diperlukan tidak mencukupi sehingga mengutamakan skala prioritas yaitu benteng utama (nomor  01). Benteng nomor satu ini lebih mendapat perhatian karena benteng ini mendapat beban tambahan berupa wisatawan yang naik ke atap kantilever (atap benteng). Kalau tidak dilakukan perkuatan, dikawatirkan, kantilever terguling dan rubuh. (BPCB:2016:3)

Benteng Anoi Itam atau Benteng Jepang Terletak di Pulau Sabang secara geografis benteng i ni terletak pada titik koordinat “UTM 46N 762836 646857”  dan terletak pada posisi 5 º  50’ 49” N dan 95 º  22’ 35”  E  Benteng anoi Itam pada sisi utara,timur dan selatan berbatasan dengan Laut, pada sisi berbatasan dengan lembah Benteng anoi Itam berada di puncak bukit dengan ketinggian ± 25 meter diatas permukaan laut ke arah tenggara. Benteng Anoi Itam  mempunyai jarah tempuh ± 7 Km dari Pusat  Kota Sabang  dan hingga saat ini ramai pengunjung berwisata baik lokal maupun manca negara dan benteng ini merupakan salah satu destinasi faforit bagi wisatawan.

Benteng Anoi Itam atau Benteng Jepang merupakan bersejarah peninggalan Jepang yang dibangun dibangun antara tahun 1942-1945. yang digunakan sebagai penyimpanan berbagai jenis senjata armada Jepang, benteng ini sebagian tertimbun  di dalam tanah dan bagian atas berbentuk seperti tapal kuda. Posisi benteng ini bagian depan berhadapan ke laut yang berfungsi untuk mengintai  dan perhatanan  memantau musuh saat terjadi Perang Dunia II. Keunikan benteng ini para pengunjung akan mendapati keindahan alam seperti pemandangan dan keindahan air laut yang memancarkan warna kebiruan  sehingga menambah panorama dan pesona alam yang unik.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memberi perkuatan untuk menahan beban berat kantilever (bagian atap benteng),  mengganti penopang benteng yang sudah hilang dan korosi, memberi rasa aman pada pengunjung yang masuk ke dalam ruangan benteng dan menghindari robohnya benteng sewaktu waktu.  Benteng Anoi Itam ini dipihak ketigakan dengan pengawasan dari staf pemugaran BPCB Aceh dan berkoordinasi dengan Dinas Budpar Kota Sabang dan Kepala Desa Setempat.

 PELAKSANAAN KEGIATAN

Pekerjaan Persiapan

Pekerjaan Persiapan disini adalah mempersiapkan administrasi, pembersihan awal dan trasportasi pengangkutan material ke lokasi situs.


Koordinasi Tim, Dinas Budpar, Konsultan (pihak ketiga, 
Plh. Kepala Desa Anoe Itam

    

 

Pekerjaan Fabrikasi dan Material

Pekerjaan Fabrikasi dan material adalah pembuatan baja kolom HWF-200×2100, Baja Balok WF-300X150, Baja Balok WF-200×150, Plat Baja Teb. 12 mm, Plat Baja Teb. 10 mm, Plat Baja Teb. 8 mm. Baja kolom tersebut diatas didesain dipabrik sesuai ukuran yang dibutuhkan dari hasil rekomendasi ahli struktur. Kemudian material ini dibawa ke lokasi situs.

     Foto :Pengangkutan peralatan ke Lokasi Situs  Dok. BPCB Aceh 2017

Pengukuran tempat baut besi baja penopang Dok. BPCB Aceh 2017

 

foto:Pemasangan Besi dengan katrol

 


Foto :Penyolderaan besi baja dengan baut

Pekerjaan Lain-lain

Pekerjaan lain lain disini adalah bobokan lantai beton benteng, galian pondasi baseplat, Coran baseplat beton K-250, Sand Blasting Baja, Pengecatan Baja, erection, dan pembersihan akhir.

 

TINGGALKAN KOMENTAR