Pengunjung siswa/siswi SLTP Kabupaten Aceh Tamiang pemutaran film Nasional BPCB Aceh  2019

0
92

Pengunjung siswa/siswi SLTP Kabupaten Aceh Tamiang pemutaran film Nasional BPCB Aceh  2019

BPCB Aceh-Jum’at (25/10). Pemutaran film Nasional  (BPCB) Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh di  Gedung SKB Kabupaten Aceh Tamiang yang dilaksanakan selama dua hari  pada tanggal 25 dan tanggal 26 Oktober 2019. Hasil koordinasi dengan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang penonton diprolitaskan dari siswa/siswi SLTP  sekitar 200 orang, dari siswa/siswi tingkat SLTA yang diprolitaskan oleh Kacab. Dinas Pendidikan Provinsi sebanyak 200  siswa,  dan penonton dari siswa/siswi Madrasah dan MAN Kabupaten Aceh Tamiang juga 200 siswa/siswi yang direkomandasikan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, jumlah keseluruhannya 600 siswa/siswi.

Pemutaran film nasional ini yang dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 25 Oktober 2019 mulai pukul 8. 00 wib dini hari yang pengunjungnya dari kalangan siswa/i SLTP Kabuapeten Aceh Tamiang. Sebelum pemutaran film berlangsung ketua tim Bioling BPCB Aceh Nurdin, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa film yang diputarkan adalah film nasional dan film-film documenter yang tujuannya adalah untuk penyebarluasan informasi dan publikasi tentang cagar budaya juga memperkenalkan Kantor BPCB Aceh serta tugas dan fungsinya, tujuan lain  menjalin hubungan antar Instansi pemerintah di Kabupaten Aceh Tamiang dan mengajak seluruh siswa/siswi sebagai generasi penerus bangsa agar dapat ikut berperan aktif dalam upaya melestarikan  cagar budaya sebagai jati diri bangsa.

Dalam kesempatan itu juga menyampaikan informasi tentang penulisan atikel Sejarah seperti   Rumah Adat, Makam, Bungker, Masjid, Goa, bukit kerrang dan bangunan lainnya yang merupakan cagar budaya peninggalan masa lalu, artikel di kirim ke email kantor: bp3_aceh@yahoo.com dan bp3.aceh@gmail.com. Juga memperkenalkan website kemdikbud dengan situs https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh.

Kata sambutan dari Bapak Mahyar mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang  sekaligus membuka  acara pemutaran film nasional BPCB Aceh dalam sambutannya mengatakan tujuan Pemutaran Film nasional ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter, budi pekerti, dan juga penyebarluaskan informasi dan publikasi juga saling mengimformasi arti pentingnya cagar budaya  supaya masyarakat khususnya generasi penerus bangsa dapat menjaga, merawat dan melestarikan yang lebih baik kedepannya, mari membangun bangsa ini yang cerdas, maju, berbudaya dan terampil.

Selesainya pemutaran film nasional dan film dokumenter, tim pemutan film BPCB Aceh melakukan kuis dan mengajak para siswa/siswi SLTP yang berjumlah sekitar 200 orang menurut absensi yang disediakan tim BPCB Aceh untuk menanggapi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari tim film BPCB Aceh  tentang cagar budaya. Siswa/siswi yang tampil  dari SMP negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Kabupaten Aceh Tamiang.

TINGGALKAN KOMENTAR