PEMUTARAN FILM BIOSKOP KELILING DI KABUPATEN ACEH BARAT

0
663

PEMUTARAN FILM BIOSKOP KELILING DI KABUPATEN ACEH BARAT

BPCB Aceh : 27/11/2018. Kabupaten Aceh Barat adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh dengan luas wilayah,sebelum pemekaran  10.097.04 km²  (1.010.466 hektare ) dan setelah pemekaran memiliki luas 2.927,95 km². untuk mencapai ke Kabupaten ini  dengan menempuh jarak ± 153 Km atau 91,8 mil dari Ibu Kota Provinsi Aceh. Secara  geografis terletak pada titik koordinat. 04°06′ – 04°47′ Lintang Utara. 95°52′ – 96°30′ Bujur Timur. Yang berbatasan dengan :

  • Utara berbatasan dengan Aceh Jaya dan Kabupaten Pidie
  • Selatan Berbatasan dengan Samudera Indonesia dan Kabupaten Nagan Raya
  • Timur berbatasan dengan Kabupaten Aceh Tengah dan Nagan Raya
  • Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Kegiatan pemutaran film bioling  BPCB Aceh di Kabupaten Aceh Barat yang dilaksanakan pada tanggal 21 sd. 22 November 2018 berjalan dengan baik. Kegiatan ini terlaksana setelah koordinasi dengan pemda setempat dan memfasilitasi Gedung/aula di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan mengundang  pengunjung/penoton  dari kalangan  sekolah SMP dan SMA via telpon/persuratan dengan target penonton /pengunjung 400 siswa/siswi dan sarana aula menampung sekitar 200 orang, tim BPCB melaksanakan pemutarannya 2 kali penayangan.

Pemutaran film bioskop keliling BPCB Aceh ke Aceh Barat antara lain untuk mengembangkan film-film yang bernilai pendidikan, upaya memperkuat karakter bangsa melalui film, mensosialisasikan nilai penting Situs/Cagar Budaya kepada masyarakat khususnya anak-anak sekolah, memberikan pengenalan tentang Cagar Budaya terutama kepada para siswa sekolah dari tingkat dasar sampai dengan menengah atas dan juga perguruan tinggi. Juga mempenalkan film-film documenter BPCB Aceh dan informasi tentang Website Kemdikbud : http Kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh.

Pemutaran film bioling pada tanggal 21 November 2018 adalah film nasional dengan judul “ Cut Nyak Dhien, film ini permintaan para adik-adik siswa/siswi SMP Negeri 1 Aceh Barat yang berjumlah 200 siswa dan film ini sesuai dengan identik daerahnya.  Kemudian pada tanggal 22 November 2018 dilanjutkan pemutaran film nasional dengan judul “ Tanah Syurga katanya” dan pengonton dari SMA negeri 1 Aceh Barat yang berjumlah 260 siswa/siswi, film ini juga menceritakan tentang budaya, pendidikan juga kehidupan daerah terpencil yang perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, film ini sangat disukai oleh anak-anak SMP dan SMA kab. Aceh Barat.

Usai pelaksanaan Kabid Pendidikan  Bapak Kasim Bersama Kasi Kebudayaan Bapak Nasir menghimbau kepada tim pemutaran film bioling BPCB Aceh dengan harapan kegiatan seperti ini sering-sering dilaksanakan di daerahnya.

Kantor Dinas Pendidikan Kab. A. Barat  Arahan Ketua tim bioling BPCB Aceh

 

Kabid Pedd.A Barat Bersama tim bioling   Suasana di ruangan pemutaran film

    Suasana di ruangan pemutaran film para siswa SMP Neg. 1 Kab. Barat

Suasana memasuki ruangan pemutaran film dan siswa SMP Neg.1 Kab. Barat

TINGGALKAN KOMENTAR