Pemutaran film Bioling (Bioskop Keliling) BPCB Aceh 2019,  di Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara

0
995

Pemutaran film Bioling (Bioskop Keliling) BPCB Aceh 2019,  di Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara 

BPCB Aceh-Rabu (24/7). Pemutaran film bioling Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh di gelar di Gedung Serbaguna, Kantor Bupati Paluta  yang dilaksanakan selama dua hari  pada tanggal 24 dan tanggal 25 Juli 2019. yang diprolitaskan pengunjung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Paluta adalah  kalangan siswa/i SLTP dan  SLTA Se Kabupaten Paluta.

Sebelum pemutaran film berlangsung ketua tim Bioling BPCB Aceh Nurdin, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa film yang diputarkan adalah film nasional dan film-film documenter ntara lain film dokumenter candi –candi yang berada di Kabupaten Paluta.  Film documenter tentang candi  berdorasi 15 sd. 20 menit. Selain itu juga memperkenalkan Kantor BPCB Aceh serta tugas dan fungsinya, tujuan pemutaran film, dan menjalin hubungan dengan Dinas Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan instansi terkait di daerah juga mengajak seluruh siswa/siswi sebagai generasi penerus bangsa agar dapat ikut berperan aktif dalam upaya melestarikan  cagar budaya sebagai jati diri bangsa.

Mobil Bioskop Keliling  (Bioling) adalah Mobil  0perasional Pemutaran film yang dilengkapi dengan kapasitas proyektor, sound system, pengeras suara, laptop, audio Visual, GPS, dan alat penerang lainnya. Mobil bioskop keliling dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi, informasi dan publikasi, hiburan, layanan pendidikan dan kebudayaan kepada masyarakat tentang perfilman nasional yang dikirim dari Kemendikbud dan film-film dokumenter daerah yang dibuat oleh BPCB Aceh di 2 Provinsi. Dengan mobil bioling BPCB Aceh dapat menembus ke daerah tk II bahkan ke daerah terpencil.

Dalam kesempatan itu juga menyampaikan informasi tentang penulisan atikel Sejarah seperti Candi,  Rumah Adat, Makam, Bungker, dan bangunan lainnya yang merupakan cagar budaya peninggalan masa lalu, artikel di kirim ke email kantor: bp3_aceh@yahoo.com dan bp3.aceh@gmail.com. Juga memperkenalkan website kemdikbud dengan situs https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh. Ketua bioling menghimbau kepada adik-adik sekolah, guru dan masyarakat umum di Kabupaten paluta agar menulis artikel tentang cagar budaya dalam bentuk roman 1,5 spasi, minimal 10 halaman tulisan tersebut setelah di evaluasi akan di muat dalam jurnal arabest BPCB Aceh.

Kata sambutan dari Ibu Eva Eva Sartika Siregar, SH.,M.Kn  Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paluta dan sekaligus membuka  acara pemutaran film Bioling BPCB Aceh dalam sambutannya beliau mengatakan tujuan Pemutaran Film Bioskop Keliling ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter, budi pekerti, dan juga penyebarluaskan informasi dan publikasi juga saling mengimformasi antara Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata tentang cagar budaya di Kabupaten Padang Lawas Utara, supaya masyarakat khususnya generasi penerus bangsa dapat menjaga, merawat dan melestarikan cagar budaya yang lebih baik kedepannya, seperti Candi-candi, Adat Istiadat, dan Bagas Godang yang ada di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Selanjutnya ibu Eva mengutarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui BPCB Aceh tetap berusaha mengajak seluruh siswa dan siswi di Padang Lawas Utara untuk tetap memberikan ruang pada film hasil karya anak bangsa melalui program Pemutaran Film Bioskop Keliling ini agar secara bertahap kelak, film Indonesia akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dengan film berkarakter, kita bangun bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas, maju, dan berbudaya.