Pembinaan Peningkatan Kemampuan PPNS

0
2218

BPCB Aceh, 2018. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh, Deni Sutrisna, mengikutsertakan 2 staf : Athailah dan Andi Irfan Syam dalam Kegiatan Pembinaan Peningkatan  Kemampuan Penyidik Selaku Pengemban Fungsi   Korwas PPNS dan Peningkatan Kemampuan Penyidik oleh PPNS Tingkat Provinsi T.A. 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Reserse Kriminal POLRI  Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS, di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Aceh tanggal 21 Februari 2018.

Peserta yang hadir menurut daftar  antara lain: Kasatpol PP dan WH Aceh, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Aceh, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Aceh, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Aceh, Kepala Stasiun Karantina Perikanan Aceh, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh, Kepala Dinas Cipta Karya Aceh, Kepala Dinas Kehutanan Aceh, Kepala Balmon Spektrum Frekuensi Radio Aceh, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Kepala Dinas Peternakan dan Kehewanan Aceh, Kepala Badan Ketahanan Pangan, KepalaBP3TKI Aceh, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Kepala Dinas Pengairan Aceh, Kepala Dinas Bapedal Aceh, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Kepala Dinas PU Bina Marga Aceh, Kepala Kantor Wilayah Kementerian hokum dan HAM Aceh, Kepala BBPOM Aceh, Kepala BKSDA Aceh, Kepala Balai UPTD Perbenihan Aceh, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pajak Aceh, Kepala Dinas Hubkomintel Aceh dan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Bea dan Cukai Aceh.

Pada kegiatan ini ada 4 (empat) tenaga yang menyajikan materi dari Kepolisian yaitu, Brigjen Pol Dr. Nasib Simbolon, M.M (Karo Korwas PPNS Bareskrim), Prasetijo Utomo, S.I.K, M.Si (Kabag Bin PPNS Bareskrim), AKBP Rosmaida Surbakti, S.H (Kasubbag Pers PPNS Bag Min Pers PPNS Bareskrim) dan Drs. Nilo Arie Seno, M.H (Kasubbag Min Sidik Bag Wassidik Bareskrim).

Materi-materi yang yang di sajikan oleh Brigjen Pol. Dr. Nasib Simbolon, MM tentang   esensi penyidik gerbang utama dalam mencari kebenaran materil. Selanjutnya, Prasetijo Utomo, S.I.K, M.Si (Kabag Bin PPNS Bareskrim) menjelaskan koordinasi dan sinerji antara PPNS dan penyidik Polri.

AKBP Rosmaida Surbakti, S.H menegaskan bahwa PPNS dan Penyidik Polri masuk dalam CJS (criminal justice system). Selain itu, PPNS dan Penyidik Polri harus mandiri dan diberikan kewenangan oleh Undang-undang. Adapun Drs. Nilo Arie Seno, M.H menyampaikan  masukan kepada penyidik bahwa penyidik harus mempedomani doktrin pidana bahwa dalam perkara pidana, bukti-bukti harus lebih terang dari pada cahaya. (Ambo/Nrd).

Sambutan oleh Karo Korwas PPNS Brigjen  Foto 2. Sambutan oleh Wakapolda Aceh 
Pol. Dr. Nasib Simbolon, M.M

Sambutan/Pembukaan oleh Sekda Aceh Foto 4. Kapala bagian Bin PPNS Bareskrim
                                           (Prasetijo Utomo, S.I.K, M.Si)

        

Kasubbag Pers PPNS Bag Min Pers PPNS Bareskrim   Kasubbag Min Sidik Bag Wassidik  
(AKBP Rosmaida Surbakti, S.H)                    Bareskrim  Drs. Nilo Arie Seno, M.H)