Pawai Takbir menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah di Kota Banda Aceh

0
502

BPCB Aceh – Sabtu (10/8/2019). Masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar melaksanakan Pawai Takbir memeriahkan malam Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah di Kota Banda Aceh, yang pelepasannya oleh  Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, diikuti oleh Wali Nanggroe Aceh Malek Mahmud, Ketua DPRA Sulaiman, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, serta sejumlah pejabat dan tokoh lainnya. Peelepasan tersebut di tandai dengan pemukulan Beduk, yang mulai Start dari depan Masjid Raya Baiturrahman dan finishnya juga  depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Pawaitakbirdiikutilebihkurang 62 pesertadariperwakilanremaja Masjid gampong (desa) Kota Banda Aceh dan AcehBesardenganmenghiasimobilberenekaragam  bentukMajid, pesertatakbirberjankakidenganmembawaobor. Denganrute yang dilaluipesertapawaitakbirjalankaki dan mobilhias di Banda Acehmengelilingikawasanjalanprotokoler. dari Masjid RayaBaiturrahman, JalanDiponegoro, Jalan STA Mahmudsyah, JalanTgkChikDitiro, Simpang Surabaya, Jalan T Hasan Dek, SimpangJambo Tape. Kemudian, JalanTgk H MohdDaudBeureueh, Simpang 5, JembatanPante Perak, Jalan STA Mahmudsyah, SimpangKodim dan berakhir di Masjid RayaBaiturrahman.

Ribuan warga masyarakat menghadiri untuk menyaksikan pawai takbir termasuk wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga  sepanjang rute yang dilewati peserta pawai mengalami kemacetan yang sangat luar biasa.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah, di sela-sela pawai berlangsung mengatakan suasana Idul Adha di Banda Aceh yang kental dengan beragam kegiatan keagamaan, sudah menjadi bagian hidup masyarakatnya. “Ini juga sangat menarik minat wisatawan untuk datang,”  “Semarak perayaan Idul Adha menjadi momentum untuk memperkuat atau meneguhkan Banda Aceh sebagai destinasi wisata islami dunia. Selain wisatawan dari luar kota, juga hadir tamu-tamu kita dari Singapura, Malaysia, bahkan Turki. Mereka juga akan melaksanakan prosesi kurban di Banda Aceh. (Nrd)

TINGGALKAN KOMENTAR