PAMERAN BPCB ACEH MENGANGKAT TEMA “ KEPURBAKALAAN YANG BERNUASA ISLAM”

0
1028

PAMERAN  BPCB ACEH MENGANGKAT  TEMA “ KEPURBAKALAAN  YANG BERNUASA ISLAM”

BPCB Aceh: 12/08/2018; PKA (Pekan Kebudayan Aceh ) ke -7, dilaksanakan di Provinsi Aceh selama 10 hari yang diresmikan pada tanggal 5 – 15 Agustus 2018 oleh Mendikbud. diikuti semua Kabupten/Kota dalam Provinsi Aceh .Kegiatan  Pameran BPCB Aceh dengan tema   ” Pameran Kepurbakalaan yang bernuansa Islam”.  Pameran ini  pelaksananya di lingungan situs cagar budaya Gunongan seiring dengan kegiatan PKA ke 7 tahun 2018  dengan tema “ACEH HEBAT DENGAN ADAT BUDAYA BERSYRIAT” . Pameran PKA tahun 2018 ini merupakan yang  ke 7 dilaksanakan pada Provinsi Aceh  yang di mulai  dimulai pertama kalinya pada tahun 1958 dan dilaksnakan  setiap 5 tahun sekali.

Pelaksanaan PKA  diikuti oleh 23 Kabupaten/Kota  dalam Provinsi Aceh tahun ini  Pelaksanaannya dibagi pada 7 lokasi diantaranya:

  1. Taman Ratu Safiatuddin menampilkan dan dipertandingkan berbagai ragam kegiatan Seni budaya yang ada di daerah Aceh.
  2. Lapangan Blang Padang  Pameran expo Aceh History atau expo pembangunan, Pameran disini ada beberapa negara yang ikut memeriahkannya yaitu : Negara  Brunai Darussalam, Malaysia, Turkey, Tatarstan dan qatar. Selain itu juga UPT – UPT Kemendikbud  juga ikut berpartisipasi anatar lain BPNB Jawa Barat.
  3. Museum tsunami yang menampilkan kejadian-kejajian Musibah yang menimpa Aceh pada tanggal 4 Desember tahun 2014. Seperti nama-mama mayarkat Aceh yang hilang saat tsunami, foto-foto Aceh sebelum tsunami dan banyak yang laiinya.
  4. Museum Aceh menampilkan aneka sejarah Aceh yang memperkenalkan berbagai jenis budaya peninggalan sejarah masyarakat Aceh masa lalu hingga masa post modernc seperti dokumen sejarah Aceh. Manuskrip, foto, lukisan, dan benda bersejarah. Pameran ini diikuti oleh lemmbaga, organisasi/pahuyuban, asal Aceh, nasional maupun internasional yg konsen terhadap pelestarian sejarah Aceh. Peserta pameran sekitar 40 Stan diantaranya. Mapesa, masyarakat  pudili sejh Aceh. Sentral information for sumatera pasai heritage kisah dan lainnya.
  5. Gunongan yang menampilkan tinggalan-tinggalan cagar budaya di Propinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara dintaranya: temuan mata uang emas kerajaan Aceh, diskrepsi foto Makam Kandang XII, Kerkof, Gunongan, Masjid, film budaya, peralatan pemugaran. Selain itu juga menampikan foto-foto tinggalan Megalitik hingga tinggalan kolonial seperti, Rumah Adat Karo, Rumah Adat Simalungun, Rumah Adat Nias, dan pemutaran film-film Dokumenter dan film-film nasional tentang budaya-budaya di Indonesia. Menurut data yang terhimpun dari tim panitia/pemandu jumlah pengungjung dari kalangan umum dan pelajar rata-rata mencapai 300 orang/hari.
  6. Taman  budaya menampilkan seni budaya daerah 23 Kabupeten/Kota yang juga ikut dipertandingkan Tarian-tarian Aceh seperti Sedati, Rateb meusekat, Rapa-ie dan seni budaya laiinya.
  7. Perpustakaan Ali Hasyimi yang merupakan sebuah Museum milik swasta yang menampilkan buku-buku sejarah yang jumlahnya sedmikin banyak dari semua generasi.

Dalam Pelaksanaan PKA ke-7 Tahun ini Pemerintah daerah Aceh menetapkan lokosi-lokai  pameran yang berbeda  tempat ber tujuan untuk  mengantisifasi  keamanan  baik lalulintas maupun yang lainnya,  dan yang paling  utama untuk menghindari   kemacetan lalu lintas karena dengan adanya pembagian titik lokasi yang berbeda maka  pengujung/masyarakat  yang  datang menikmati pameran akan leluasa  baik kenyaman dan keamanannya.  Disetiap lokasi pameran Pemda Daerah Aceh menempati tim keamanan dari kepolisian sehingga keamanan/kenyamanan masyarakat yang berkunjung dapat terkendali dengan baik.(nrd)

Jenis-jenis  Mata Uang Emas pada Kerajaan Aceh Darussalam

Jenis mata uang Dirham hasil temuan Investigasi thn 2013 di Kampong Pande

Penjelasan pemandu BPCB Aceh kepada pengunjung dari Malaysia

suasana di ruangan film BPCB Aceh              Tim Keamanan dari kepolisian Aceh

TINGGALKAN KOMENTAR