Konservasi Kompleks Makam Sultan Ibrahim Syah di Barus terdiri dari  16 makam kuno dan 33 objek lepas lainnya (I)

0
1319

Konservasi Kompleks Makam Sultan Ibrahim Syah di Barus terdiri dari  16 makam kuno dan 33 objek lepas lainnya (I)

Barus, 29 September 2019. Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh melaksanakan Kegiatan Konservasi di Kompleks Makam Sultan Ibrahim Syah, Desa Bukit Hasang, Kecamatan Barus dan Kompleks Raja-Raja Sorkam di Desa Sorkam Kanan, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.  Pelaksanaannya di mulai dari tanggal 25 September sampai 6 Oktober 2019, di pimpin oleh Hamdillah (Ketua), Darwis (anggota), Joni Zulfikar (anggota) dan Ambo Asse Ajis (anggota).

                                                    16 makam Kuno di Kompleks Makam 
                                                         Sultan ibrahim Syah

Kegiatan ini bertujuan 2 (dua) hal, yakni (1) untuk melakukan tindakan kuratif terhadap kerusakan yang biasa dialami oleh peninggalan purbakala dari bahan batu, dan (2) untuk meningkatkan kondisi keterawatan makam (situs) agar terhindar dari kerusakan lebih lanjut akibat tumbuhnya jasad renik/mikroorganisme dan pengaruh lingkungan yang ada disekitarnya.

Untuk mencapai tujuan, Tim menggunakan metode konservasi mekanis kering dan mekanis basah. Metode ini mudah dilakukan dan ramah lingkungan, tidak menggunakan bahan-bahan kimiawi yang bisa mempengaruhi kondisi fisik objek.

Pilihan metode ini  juga dilatari rekomendasi kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya, dimana penggunaan konservasi mekanis kering dan mekanis basah  sangat cocok untuk di lokasi kompleks makam yang ada di sekitar Tapanuli Tengah, seperti di di Kompleks Makam Sultan Ibrahim Syah, Kompleks Raja-Raja Sorkam, Kompleks Makam Mahligai ataupun di Kompleks Tuan makhdum.

Sebelum melaksanakan tugas, terlebih dahulu Tim melakukan rapat konsolidasi internal dan  pertemuan dengan Kepala BPCB Aceh  untuk mendapatkan arahan dan bimbingan.

Demikian juga ketika di lokasi kegiatan, Tim menghubungi pemerintah setempat serta konsolidasi dengan tenaga lokal dan juru pelihara yang bertugas di di Kompleks Makam Sultan Ibrahim Syah, Desa Bukit Hasang, Kecamatan Barus dan Kompleks Raja-Raja Sorkam di Desa Sorkam Kanan, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.  Ambo

Kepala BPCB Aceh arahkan tim Konservasi  sebelum ke lokasi

Rapat Konsolidasi Tim sebelum ke lapangan

                  Ketua Tim berkoordinasi dengan Kepala Desa Bukit Hasang,             Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah

TINGGALKAN KOMENTAR