Konservasi Kompleks Makam Mahligai dan kompleks Makam Tuan Machdum di Kab. Tapanuli Tengah Prov.Sumut

0
1683

Konservasi Kompleks Makam Mahligai dan kompleks Makam Tuan Machdum di  Kab. Tapanuli Tengah Prov.Sumut

 BPCB Aceh:2018. Kepala BPCB Aceh Bambang Sakti Wiku Atmojo, SS, menugaskan tim pelaksanaan Kegiatan Konservasi Kompleks Makam Mahligai dan Kompleks Makam Tuan Machdum di Kabupaten Tapanuli Tengah Kecamatan Barus pada bulan Juli tahun 2018. karena Komplek Makam daerah tersebut sudah banyak mengalami kerusakan akibat dimakan usia.

Konservasi Makam yang diaksanakan di Kabupaten ini merupakan kegiatan BPCB Aceh yang ke dua setelah dilaksanakan di Provinsi Aceh pada bulan Mei 2018. Kabupaten Aceh Besar yang tujuannya untuk pemeliharaan, perawatan dan pelestarian cagar budaya sesuai dengan petunjuk undang-undang cagar budaya pasal 76 ayat 1, 2 dan 3. Pemeliharaan benda cagar budaya merupakan wujud kinerja Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh, dalam melaksanakan tupoksinya yang di prioritas setiap tahunnya dalam rangka menjaga kondisi serta keterawatan benda cagar budaya dan situsnya. Kegiatan tersebut perlu dilakukan secara terus-menerus mengingat arti pentingnya benda cagar budaya bagi sejarah, kebudayaan, maupun ilmu pengetahuan.

Konservasi dilaksanakan secara tradisional dan modern, pelaksanaan konservasi secara tradisional untuk perawatannya melakukan pembersihan makam dan lokasi situs yang menggunakan alat dan bahan kimia. Konservasi yang dilakukan BPCB Aceh dengan mekanis kering dan  konservasi mekanis basah.

Makam-makam yang mengalami kerusakan sepeti berlumut, patah, pelapukan, dan bergeser dalam konservasi semuanya dilakukan perbaikan dengan perpian dan penyambungan kembali sesuai seperti semula. Kegiatan yang dilaksanakan:

  • Pemeliharaan konservasi mekanis dan konsolidasi cagar budaya berupa nisan-nisan yang kondisinya mengalami kerusakan.
  • Meningkatkan kondisi keterawatan nisan-nisan pada kedua kompleks makam tersebut agar dapat dimanfaatkan lebih optimal oleh masyarakat.
  • Metode yang digunakan adalah Pendokumentasian kondisi cagar budaya sebelum pelaksanaan konservasi, konsolidasi dan pembersihan lokasi.
  1. Kompleks Makam Mahligai terletak di Desa Aek Dakka Kecamatan Barus Kabupaten.Tapanuli Tengah berada pada titik koordinat UTM 47 N 0433603 E 0226227. Dalam komplek ini terdapat 234 Makam yang bterdiri dari 3 Tipe : 1. Tipe Polos berjumlah 105 buah, 2. Type Pipih berjumlah 65 buh dan 3. Type bentuk gada 65 buah.
  2. Komplek Makam Tuan Machdum terletak di Desa Patupangan Kecamatan Barus. Jaraknya dari pusat kota Barus adalah sekitar 3,5 km pada koordinat UTM 47 N 0435237 E 0223761.Dalam Komplek ini terdapat terdapat 59 buah makam yang terdiri dari 2 Type 1. nisan pipih persegi empat dengan pola hias sulur-sulur daun dan pelipitType nisan segi empat balok dengan bagian dasar bentuk segi empat pola hias belah ketupat.

Kabupaten Tapanuli Tengah secara geografis  titik koordinat terletak pada koordinat 1°.11’.00”-2°.22’.0” LU dan 98°.07’-98°.12’ BT. memiliki luas wilayah 2.188 Km². yang terdiri dari 20 kecamatan, 24 kelurahan dan 154 desa. dengan batas-batas administratif sebagai berikut:

 

TINGGALKAN KOMENTAR