GAMPONG PANDE DESA TERTUA DI KOTA BANDA ACEH

0
785

GAMPONG PANDE DESA TERTUA DI KOTA BANDA ACEH

Gampong Pande adalah salah satu desa tertua di kota Banda Aceh. Sejarah mencatat, cikal bakal Kerajaan Aceh Darussalam bermula dari sini, pada abad XIII Masehi. Gampong atau  Kampung Pande adalah sebuah  desa yang terletak  disisi barat Krueng Aceh dan terletak dipinggiran laut dan  sebelah Utara berbatasan dengan Krueng Aceh  diapit dengan desa Lampulo. Gampong ini  berdekatan dengan Kecamatan Meuraxa dan Pelabuhan Ulee Lheue.  Disebelah Timur Kampung Pande diapit beberapa kampung tua lainnya. Ada Kampung Jawa, Kampung Peulanggahan dan Keudah di sebelah selatan. dan sebelah utaranya berhadapan dengan pantai dan kuala Krueng Aceh.

Komplek Makam Raja-Raja Kampong Pande adalah satu komplek tempat pemakaman Raja-Raja pada masa Kerajaan Aceh Darussalam Abad 16 M. Dalam komplek ini yang dimakamkan antara lain ; Raja Alaidin Mukmin Syah wafat tahun 1576 M., Sulthan Sri Alam wafat (tidak diketahui tahunnya) dan Sulthan Zainal Abidin wafat tahun 1577 M. Menurut peneliti asing Van Langen menyebutkan bahwa Kampong Pande dan Kandang merupakan bagian dari kampung-kampung yang berdekatan di Kuala Kreung Aceh hingga abad 19 M berada langsung dibawah pengawasan dan pemerintahan Sulthan Mansur Syah (Tuanku Ibrahim) tahun 1846-1870. Kandang merupakan tempat tinggal para hamba/abdi Sulthan yang mengerjakan semua keperluan Sultan Aceh.

Gampong Pande merupakan tempat pengrajin benda-benda logam dan batu Nisan dengan ukiran unik dan indah untuk keperluan kesultanan dan perdagangan pada masa itu  (sumber ; Pendataan  Balai Pelestarian Cagar Budaya Kota Banda Aceh tahun  2017)

TINGGALKAN KOMENTAR