Pohon Tua Mengancam Stuktur Batu Candi Borobudur

Kamis (19/03/2020) Kelompok Kerja Pemeliharaan Kawasan Cagar Budaya (KCB) Borobudur bersama Divisi Pertamanan PT Taman Wisata melakukan pemangkasan pohon ketapang di halaman sisi timur laut Candi Borobudur. Sebelumnya, (18/03/2020) dilakukan pemangkasan pohon kenari di halaman sisi barat daya.

Pemangkasan pohon kenari sisi barat daya halaman Candi Borobudur
Pemangkasan pohon kenari halaman sisi barat daya Candi Borobudur

Pohon kenari (Canarium indicum) dan ketapang (Terminalia catappa) merupakan tanaman asli yang berada di halaman Candi Borobudur. Kondisi struktur batang kedua pohon tersebut berlubang besar dan menyisakan kulit, namun masih dapat bertahan hidup. Penelitian yang pernah dilakukan Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi, kedua pohon tersebut memiliki potensi besar membahayakan struktur candi.

Petugas pertamanan memangkas pohon ketapang
Pemangkasan pohon ketapang yang berpotensi membahayakan struktur Candi Borobudur

Dalam rangka pencegahan dan meminimalisir penyebaran virus COVID-19, zona I Candi Borobudur saat ini ditutup sampai 29 Maret 2020. Berkaitan dengan hal tersebut Balai Konservasi Borobudur (BKB) melakukan penyemprotan desinfektan, pemeliharaan serta penataan vegetasi di halaman Candi Borobudur. Aktivitas yang dilakukan dalam hal penataan vegetasi, BKB melakukan pemangkasan pohon tua yang rentan risiko roboh dan mengancam keselamatan pengunjung dan struktur Candi Borobudur.

TINGGALKAN KOMENTAR