Penutupan Workshop “Pendokumentasian Digital Cagar Budaya”

0
33

Penutupan Workshop “Pendokumentasian Digital Cagar Budaya”

Penutupan Workshop “Pendokumentasian Digital Cagar Budaya” dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Oktober 2019. Penutupan dihadiri oleh Tri Hartono, Kepala Balai Konservasi Borobudur dan Yudi Suhartono, Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Borobudur.

Diawali dengan pemutaran video dari hasil kerja masing-masing kelompok. Video ini merupakan visualisai dari relief Jataka yang berada di lantai 3 lorong 1 Candi Borobudur. Jumlah relief Jataka-Avadana seluruhnya berjumlah 720 panel, namun pada kesempatan ini hanya beberapa panel relief yang di animasikan karena keterbatasan waktu. Relief yang terpahat di Candi Borobudur ini tidak hanya indah tetapi juga memberikan pengajaran mengenai kebaikan. Relief Jataka misalnya, yang mengajarkan pada manusia untuk selalu berbuat baik pada semua makhluk, baik itu manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Tohari dari Puslit Arkenas, menyampaikan bahwa workshop kali ini sangat menarik dan bagus untuk menghasilkan suatu media edukasi generasi muda mengenai cagar budaya dengan lebih menarik. Kedepannya, diharapkan untuk kegiatan workshop seperti ini bisa dilaksanakan untuk waktu yang lebih lama. Agar dalam kegiatan praktek lebih maksimal.

Diharapkan dengan workshop ini akan menghasilkan suatu media audio visual yang menarik dan informatif untuk mengedukasi generasi yang akan datang mengenai nilai-nilai budi pekerti luhur serta dapat menumbuhkan kesaradan masyarakat untuk turut serta dalam pelestarian cagar budaya.

TINGGALKAN KOMENTAR