Penggalian Akar Tumbuhan Tingkat Tinggi Pada Candi Mendut

0
83
Tim kajian melakukan pengukuran kotak gali

Penggalian Akar Tumbuhan Tingkat Tinggi Pada Candi Mendut

Rabu (09/10/2019) Tim Kajian Pengendalian Tumbuhan Tingkat Tinggi (Ficus Sp.) pada Candi Mendut melakukan penggalian akar pada halaman Candi Mendut. Penggalian bertujuan untuk membuktikan sebaran akar tumbuhan Ficus sp. yang sebelumnya diobservasi menggunakan Ground Penetrating Radar (GPR).

Hasil temuan akar pada kedalaman 98 cm

Lubang penggalian dilakukan pada satu titik dengan dimensi 2 x 1 meter yang berada di antara Candi Mendut dan tumbuhan Ficus sp. Lubang penggalian disesuaikan dengan grid peta Candi Mendut menggunakan Theodolyte dengan metode spit test interval 25 cm. Hasilnya pada kedalaman 62 dan 98 cm ditemukan akar tumbuhan Ficus sp. yang mengarah menuju Candi Mendut. Diameter akar terbesar mencapai 5 centimeter. Hal tersebut selaras dengan hasil observasi dengan menggunakan alat GPR ditemukan akar pada kedalaman satu meter. Selain akar juga ditemukan obyek lain berupa batu bata.

Ficus sp. merupakan tumbuhan yang memiliki akar gantung dengan kecepatan pertumbuhan yang sangat cepat mencapai 1,7 centimeter perbulan. Dengan ditemukannya akar diharapkan langkah nyata ke depan untuk dapat mengendalikan pertumbuhan akar tumbuhan Ficus sp. terhadap bangunan Candi Mendut namun tanpa merusak ekologinya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR