You are currently viewing Pembinaan Satpam, Petugas Kebersihan dan Pengarah Pengunjung

Pembinaan Satpam, Petugas Kebersihan dan Pengarah Pengunjung

Pembinaan Satpam, Petugas Kebersihan dan Pengarah Pengunjung

Balai Konservasi Borobudur dalam rangka mewujudkan zona integritas wilayah bebas dari korupsi (ZI WBK) melakukan berbagai upaya. Internalisasi kepada sumber daya manusia BKB menjadi salah satu fokus utamanya. Diantaranya  dengan melakukan pembinaan satpam, petugas kebersihan dan pengarah pengunjung. Kegiatan pembinaan SDM itu  dilaksanakan di pendopo Balai Konservasi Borobudur.  Sebagai peserta adalah satuan pengamanan, petugas kebersihan dan pengarah pengunjung di Candi Borobudur, Mendut dan Pawon.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Ari Swastikawati pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa satpam, petugas kebersihan dan pengarah pengunjung merupakan salah satu ujung tombak BKB dalam melakukan pelayanan kepada publik. Selaras dengan tujuan reformasi birokrasi, semua pihak di instansi pemerintah harus ikut melaksanakan penataan di semua lini. Tujuannya untuk menyelenggarakan layanan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Karena itu, diperlukan integritas dari semua pihak di Balai Konservasi Borobudur. Selain integritas, diperlukan personel yang mempunyai jiwa kreatif dan inovatif, inisiatif, pembelajar, terlibat aktif dan tanpa pamrih.

Sebagai salah satu ujung tombak pelayanan, para satpam, petugas kebersihan dan pengarah pengunjung harus memahami tugas pokok dan fungsi BKB. Disamping itu, perlu mengetahui layanan apa saja yang ada di BKB. Yang tidak boleh dilupakan, penampilan dan perilaku di lapangan. Hal itu karena penampilan petugas di lapangan dapat dijadikan cermin dari performance sebuah lembaga. Senyum, salam dan tegur dengan kata-kata yang sopan merupakan suatu keharusan. Di akhir acara, Ari Swastikawati berpesan kepada semua peserta untuk selalu membangun tim yang kuat, solid dan kompak.