Kegiatan Pembekalan Tenaga Kebersihan Candi Borobudur

0
25
Kegiatan Pembekalan Tenaga Kebersihan Candi Borobudur
Kegiatan Pembekalan Tenaga Kebersihan Candi Borobudur

Kegiatan Pembekalan Tenaga Kebersihan Candi Borobudur

Selasa (29/10/2019) bertempat di ruang sidang Balai Konservasi Borobudur diadakan kegiatan Pembekalan Tenaga Kebersihan Candi Borobudur. Kegiatan ini melibatkan tenaga pramubakti pemeliharaan Unit Borobudur, pramubakti urusan perlengkapan dan rumah tangga serta tenaga kebersihan dari PT. Taman Wisata Candi Borobudur. Kegiatan dibuka oleh Kepala Balai Konservasi Borobudur, Tri Hartono didampingi oleh Kasubag Tata Usaha, Ari Swastikawati dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala BKB.

Candi Borobudur sebagai salah satu Warisan Dunia mempunyai banyak permasalahan yang dapat mengancam kelestarian, baik dari kerusakan maupun pelapukan. Permasalahan tersebut diakibatkan oleh factor alam yaitu cuaca dan iklim yang berubah-ubah dan factor manusia. Usaha-usaha konservasi terus dilakukan untuk tetap menjaga kelestarian Candi Borobudur dari dampak perubahan cuaca dan iklim. Penanganan sampah akibat dari aktivitas pariwisata juga perlu dilakukan seiring dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur. Halaman candi khususnya yang berada di zona 1 merupakan lingkungan pendukung kelestarian struktur candi juga tidak luput dari upaya pelestarian dan pemeliharaan. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk memberikan pembekalan kepada petugas pemeliharaan dan kebersihan yang berada di lingkungan zona 1 Candi Borobudur tentang prinsip-prinsip pelestarian warisan cagar budaya. Adapun materi yang disampaikan pada acara ini adalah Sejarah Pemugaran Candi Borobudur, Dasar Konservasi Cagar Budaya. Kemudian materi Perawatan Cagar Budaya Berbahan Batu Andesit dan materi Perbaikan batu.

Diharapkan dengan adanya kegiatan dapat menambah pengetahuan dan wawasan peserta tentang pelestarian Candi Borobudur dan kawasannya, sehingga Candi Borobudur akan tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR