Menyambut Pekan Kebudayaan Nasional

0
29

Menyambut Pekan Kebudayaan Nasional

Dalam rangka menyambut Pekan Kebudayaan Nasional, Balai Konservasi Borobudur mengadakan kegiatan berupa aktivasi permainan tradisional. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 4 Oktober 2019 di Taman Lumbini Candi Borobudur. Selanjutnya akan dilaksanakan juga pada tanggal 6 Oktober 2019 di Rindam Magelang pada saat acara Car Free Day.

Kegiatan ini dalam rangka untuk mendukung penyebarluasan informasi tentang Pekan Kebudayaan Nasional di Istora Senayan Jakarta, 7-13 Oktober 2019. Direktorat Jenderal Kebudayaan menghimbau setiap UPT dapat melakukan aktivasi permainan tradisional yang diseleggarakan di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) dan ruang public terpadu yang ada di wilayah satuan kerja. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu wadah untuk mewujudkan Strategi Pemajuan Kebudayaan di tengah masyarakat. Dengan menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya, mendorong interaksi untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif, serta melindungi dan mengembangkan nilai ekspresi dan praktik kebudayaan nasional.

Pemainan tradisional yang tersedia diantaranya adalah permainan gobag sodor, engklek/sonda manda, lompat tali, egrang dan gasing. Peserta kegiatan adalah karyawan Balai Konservasi Borobudur, Dharma Wanita dan pengunjung Candi Borobudur yang secara langsung dan spontan diajak untuk mengikuti permainan tradisional ini. Disediakan souvenir menarik bagi para peserta acara yang berupa beberapa jenis mainan tradisional jaman dulu, salah satunya adalah tek-tek belalang.

TINGGALKAN KOMENTAR