Kunjungan SDN Citapen 01

0
69

Kunjungan SDN Citapen 01

Selasa, 3 Juli 2019, Balai Konservasi Borobudur menerima kunjungan SDN Citapen 01 Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Rombongan yang berjumlah sekitar 20 orang tersebut diterima staf dari Pokja Layanan Masyarakat. Mengawali kunjungan, rombongan langsung menuju ke Studio Sejarah Restorasi. Di studio sejarah restorasi, mereka diajak berkeliling melihat koleksi yang ada. Pada kesempatan tersebut, mereka dipandu oleh Sri Sularsih, edukator dari Balai Konservasi Borobudur (BKB).

Penjelasan di Studio Sejarah Restorasi

Sri Sularsih didepan rombongan SDN Citapen 01 menjelaskan berbagai koleksi yang ada. Seperti literatur yang ada pada masa kolonial mengenai Candi Borobudur, blue print yang digunakan saat penggalian dan restorasi, serta berbagai benda cagar budaya yang ada.  Beberapa perlengkapan dan peralatan yang digunakan pada masa pemugaran juga dijelaskan kepada mereka. Rombongan yang terdiri dari bapak dan ibu guru tersebut tidak hanya mendengarkan penjelasan dari staf BKB. Mereka juga aktif menanyakan beberapa hal tentang koleksi yang ada di studio. Mereka menyampaikan kekagumannya dimana  dengan menggunakan peralatan yang tidak lebih canggih dari sekarang para konservator dan pelaku pemugaran dapat dengan baik melakukan berbagai pekerjaan hingga Candi Borobudur dapat dinikmati seperti sekarang ini.

Kunjungan di Perpustakaan

Setelah mendengarkan penjelasan di Studio Sejarah Restorasi, rombongan kemudian menuju perpustakaan BKB. Di sana mereka bertanya tentang pengelolaan perpustakaan dan koleksi buku yang ada. Koleksi buku yang ada meliputi text book, referensi, laporan studi, skripsi/tesis/disertasi, jurnal penelitian, terbitan berseri, kliping, laporan kegiatan dan koleksi arsip proyek pemugaran Candi Borobudur. Buku-buku koleksi perpustakaan tersebut mengupas tentang Borobudur yang meliputi kajian tentang sejarah, arkeologi, arsitektur, konservasi, geologi dan fotografi. Selain itu terdapat juga koleksi buku-buku ilmu murni meliputi Fisika, Biologi dan Kimia. Selain buku-buku, perpustakaan juga menyimpan arsip gambar sejak masa pemugaran I (1907-1911), dan masa pemugaran II (1973-1983) sampai sekarang. Kunjungan SDN Citapen 01 tersebut diakhiri dengan mengunjungi Candi Borobudur.

TINGGALKAN KOMENTAR