Kerjasama Pendokumentasian Candi Borobudur dengan Universitas Ritsumeikan dan LIPI

0
46
Kerjasama Pendokumentasian Candi Borobudur dengan Universitas Rutmeuken dan LIPI

Kerjasama Pendokumentasian Candi Borobudur dengan Universitas Ritsumeikan dan LIPI

Senin, (21/10/2019) tim dari Universitas Ritsumeikan dan LIPI tiba di Balai Konservasi Borobudur untuk memulai program kerjasama dalam hal pendokumentasian Candi Borobudur. Tim diterima oleh Kasi Konservasi Balai Konservasi Borobudur, Yudi Suhartono didampingi oleh beberapa staf dari Pokja Dokumentasi dan Publikasi. Tim akan berada di Borobudur selama 5 hari mulai dari tanggal 21 Oktober 2019 sampai tanggal 25 oktober 2019. Terdiri dari 2 orang dari LIPI dan 3 orang dari Universitas Ritsumeikan.

Program kerjasama ini meliputi 3 program, yaitu program visualisasi, program database dan pemetaan masyarakat. Program visualisasi sendiri akan dilaksanakan antara Balai Konservasi Borobudur dan Universitas Ritsumeikan. Untuk program database akan melibatkan seluruh pihak. Dan program pemetaan masyarakat akan dilakukan oleh pihak LIPI dan Balai Konservasi Borobudur. Untuk tahap awal akan dilaksanakan program visualisasi dengan melakukan terrestrial fotogrammetri. Data yang sudah ada di Balai Konservasi Borobudur akan dilengkapi melalui program kerjasama ini. Target pendokumentasian ini adalah lorong 1 Candi Borobudur meliputi dinding relief Lalitavistara, pagar langkan tampak dalam yang memuat relief Jataka, pagar langkan tampak luar dan kenampakan lantai Candi Borobudur lorong 1. Data dokumentasi fotogrammetri melalui pesawat drone yang sudah dilakukan oleh tim dari Balai Konservasi Borobudur akan disempurnakan dari sisi detail geometri dan detil reliefnya melalui teknik foto rentang dekat.

Diharapkan dengan program kerjasama ini dapat menambah informasi data Candi Borobudur secara 3 dimensi sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan maupun penelitian.

TINGGALKAN KOMENTAR