Kampanye Pelestarian Cagar Budaya

0
31
Peserta Kampanye Pelestarian Cagar Budaya di Candi Mendut

Kampanye Pelestarian Cagar Budaya

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019, Balai Konservasi Borobudur (BKB) menggelar kegiatan kampanye pelestarian cagar budaya melalui edukasi kepada para pelajar. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa, 29 Oktober 2019 tersebut merupakan perwujudan  salah satu tugas pokok dan fungsi BKB dalam hal publikasi dan pemanfaatan. Peserta terdiri dari kurang lebih 50 (lima puluh) pelajar perwakilan SMA, SMK dan Madrasah  di Kabupaten dan Kota Magelang.

Mendengarkan penjelasan dari Arkeolog BKB di Situs Brongsongan
Mendengarkan penjelasan dari Arkeolog BKB di Candi Mendut

 

 

 

 

 

 

Kampanye pelestarian cagar budaya kepada para pelajar diawali dengan upacara pembukaan di Pendopo BKB. Kepala balai, Tri Hartono mengajak para siswa  untuk memahami dan berpartisipasi secara langsung tentang arti pentingnya pelestarian cagar budaya. Kecintaan dan rasa peduli terhadap pelestarian cagar budaya yang ada harus terus ditanamkan agar mampu membentuk generasi yang kuat rasa nasionalismenya dan berjiwa patriot. Setelah pembukaan, para peserta melakukan kunjungan ke Situs Plandi, Situs Brongsongan dan Candi Mendut. Mereka didampingi para arkeolog BKB yang menjelaskan mengenai pelestarian cagar budaya. Konsep pelestarian yang dilaksanakan adalah dengan mengkampanyekan aturan atau tata tertib dalam berkunjung di candid an situs cagar budaya. Apa yang boleh maupun tidak boleh dilakukan selama kunjungan di tempat-tempat tersebut. Wujud kepedulian ini dituliskan dalam bentuk penandatanganan banner kampanye.

Suasana Diskusi

Edukasi kepada para pelajar dilanjutkan dengan diskusi tentang peran pemuda dalam pelestarian cagar budaya. Diskusi yang berlangsung di pendopo tersebut berlangsung dalam suasana yang interaktif. Para peserta aktif bertanya tentang seluk beluk cagar budaya kepada para narasumber dari BKB.

TINGGALKAN KOMENTAR