You are currently viewing Jejak-jejak Sang Pangeran

Jejak-jejak Sang Pangeran

Jejak-jejak Sang Pangeran di Kawasan Borobudur menjadi tema dari Busur (Ngobrol Seru Soal Borobudur) edisi bulan kemerdekaan. Acara yang diselenggarakan pada kamis, 19 Agustus 2021 melalui live youtube ini mengundang Ki Roni Sodewo dan Luardi “Blendung” sebagai narasumber. Ki Roni merupakan pendongeng  Babad Diponegoro, selain itu beliau juga masih merupakan keturunan dari Kanjeng Pangeran Diponedoro. Sedangkan Luardi merupakan Pemerhati Sejarah Lokal Wanurejo yang tinggal di kampung Tinggal, Wanurejo. Bersama dengan Ki Rony, beliau menggali potensi yang ada di sekitaran Borobudur, terutama di kawasan Wanurejo.

Dijelaskan mengenai bagaimana perjuangan Pangeran Diponegoro, jejak-jejak beliau, hingga potensi-potensi pengembangannya. Dalam melakukan jelajah atau penggalian mengenai sejarah Pangeran Diponegoro, sumber utamanya yaitu Babad Diponegoro.
Salah satu daerah yang sempat menjadi tempat pemberhentian Pangeran Diponegoro adalah Borobudur. Bahkan ada satu peristiwa perang besar di dekat candi Borobudur, yaitu perang Tingal. Diceritakan mengenai Jejak-jejak perjuangan Pangeran Diponegoro yang ada di kawasan Borobudur dan perbukitan Menoreh. Sayangnya, perjuangan Sang Pangeran di sekitar Borobudur belum banyak diangkat. Borobudur yang saat ini sedang berbenah dalam memperbaiki model pengembangan pariwisata yang tidak bertumpu pada candi semata sehingga narasi-narasi sejarah yang ada penting untuk dikembangkan. Harapannya melalui diskusi ini dapat memberikan model pengembangan pariwata yang dapat menambah pengalaman kunjung bagi wisatawan yang berkunjung ke Borobudur.

Tayangan selengkapnya dapat disaksiskan dalam BUSUR “Jejak-jejak Sang Pangeran di Kawasan Borobudur”, di kanal Youtube Balai Konservasi Borobudur.

Leave a Reply