FGD Pemetaan Vegetasi Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

0
95
Joni, staf BKB diskusi tentang pemetaan vegetasi

FGD Pemetaan Vegetasi Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

Kamis (05/09/2019) sebanyak sepuluh staf Balai Konservasi Borobudur (BKB) mengikuti Focus Group Discussion (FGD) pemetaan vegetasi zona I Candi Borobudur.

FGD yang melibatkan pihak konsultan bidang teknologi informasi tersebut bertujuan untuk menginventarisasi vegetasi di area zona 1 Candi Borobudur serta menganalisis kerapatan dan jenis tanaman. Kegiatan yang disampaikan antara lain pemasangan titik kontrol lapangan (GCP), pemotretan udara, pengukuran GPS, Total Station dan survey inventarisasi vegetasi. Rencana pemasangan GCP dilakukan pada empat titik dengan luasan 20 hektar dengan titik acuan BM Nasional BIG. Desain akhir yang diharapkan yaitu berupa hasil pengukuran Total Station (raw data), peta plotting vegetasi, dan peta situasi.

Vegetasi yang diinventarisasi merupakan tanaman dengan lingkar diameter batang minimal 10 centimeter. Namun demikian, jenis tanaman pohon yang baru ditanam juga masuk di dalam daftar inventarisasi.

Focus Group Discussion Pemetaan Vegetasi Lingkungan

Zona 1 Candi Borobudur memiliki keanekaragaman tanaman yang dimonitoring setiap tahun. Vegetasi berperan penting terhadap stabilitas struktur dan lereng Candi Borobudur. Diharapkan hasil pemetaan vegetasi lingkungan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk pemantauan vegetasi.

TINGGALKAN KOMENTAR