Diskusi Rencana Penataan Zona 1 Candi Borobudur

Selasa (11/02/2020) Balai Konservasi Borobudur (BKB) melaksanakan Diskusi Rencana Penataan Zona 1 Borobudur. Kegiatan tersebut diikuti oleh staf BKB dan empat orang narasumber ahli arkeologi.

Paparan oleh Brahmantara di ruang sidang

Brahmantara, staf BKB dalam paparannya menjelaskan bahwa diskusi rencana penataan merupakan dampak dari penetapan Candi Borobudur sebagai destinasi super prioritas. Perkembangan yang terjadi yaitu Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan oleh Kementerian PUPR dan rencana revitalisasi di zona 2 oleh PT Taman Wisata. BKB yang memiliki otoritas pelestarian di zona inti tentunya menyambut rencana tersebut, namun tetap mengindahkan dan memperhatikan nilai-nilai pelestarian

Diskusi lapangan tentang penataan zona 1

Rencana desain penataan zona 1 mencakup area halaman candi dan bawah lereng sisi timur hingga barat daya. Pembenahan jalur aksesibilitas pengunjung dan taman edukasi arkeologi dan flora diharapkan mampu memecah alur pengunjung agar tidak langsung menuju struktur Candi Borobudur. Selain itu dilakukan rencana pembenahan sarana dan prasarana pelestarian seperti sistem drainase bawah permukaan halaman candi, pelapisan tangga candi, dan signage.

TINGGALKAN KOMENTAR