Senin (13/07), sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran Virus Corona di Candi Borobudur di era tatanan baru, Balai Konservasi Borobudur (BKB) melakukan penyemprotan disinfektan di area halaman Candi Borobudur. Area penyemprotan dibatasi pada halaman candi sejak Candi Borobudur dibuka kembali untuk umum mulai tanggal 7 Juli 2020 kemarin, pengunjung hanya diperbolehkan sampai di halaman candi atau di jalur pradaksina dan tidak diijinkan naik ke bangunan candi.

Desinfeksi kali ini diprioritaskan pada permukaan benda-benda yang sering tersentuh pengunjung yang berada di halaman candi, yaitu; handrail menuju candi, handrail candi, bangku taman sekeliling candi, tempat sampah, papan informasi, dan ornamen-ornamen candi yang berada di halaman candi. Rencananya kegiatan desinfeksi ini akan dilakukan setiap hari Senin selama pandemi Covid 19 masih terjadi bersamaan dengan ditutupnya zona 1 untuk kepentingan perawatan dan konservasi.

Sebagai informasi, bahan yang digunakan adalah desinfektan cair. Bahan ini efektif untuk mematikan virus, bakteri dan jamur. Dengan bahan aktif hidrogen peroksida, isopropil alkohol dan gliserol. Bahan tersebut cukup aman bagi manusia. 

TINGGALKAN KOMENTAR