Ayoo Dolanan!

0
19

Ayoo Dolanan!

Ayoo Dolanan! Tagline itulah yang diangkat oleh Balai Konservasi Borobudur dalam kegiatan Aktivasi Permainan Tradisional. Gelaran permainan tradisional tersebut diselenggarakan sebagai dukungan terhadap Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 7 s.d. 13 Oktober 2019 di Istora Senayan Jakarta. Aktivasi permainan tradisional ini merupakan salah satu wadah untuk mewujudkan srategi pemajuan kebudayaan di tengah masyarakat dengan mengangkat tema “Ruang Bersama Indonesia Bahagia” yang mengacu pada stanza kedua lagu Indonesia Raya, “Marilah Kita Mendoa, Indonesia Bahagia.”

Permainan tradisional seperti gobag sodor, engklek, egrang, gasing dan lompat tali asik dimainkan dalam acara yang dilaksanakan di Taman Lumbini Candi Borobudur. Permainan-permainan tersebut ternyata tidak hanya berfungsi sebagai “dolanan” saja. Ada filosofi dan nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya. Gobag sodor, permainan ini tidak hanya melatih fisik dan pikiran, tetapi juga kepribadian. Pengendalian diri/pertahanan, kemampuan mengambil peluang, serta kerja sama tim, akan membentuk seseorang menjadi pribadi yang pantang menyerah untuk mencari celah dalam menghadapi tantangan yang ada. Engklek, merupakan simbol dalam mencapai kesuksesan dimasa depan dimana hal itu tentu tidak mudah dicapai. Seseorang harus tangguh dalam menjalani segala permasalahan kehidupan yang ada.

Gobag sodor
Engklek

 

 

 

 

 

Egrang

Egrang, untuk menaiki sebuah egrang bukanlah hal yang mudah, harus berkali-kali berlatih dan terjatuh. Rasa percaya diri sangat berpengaruh pada permainan ini, di saat percaya diri sudah tumbuh, otomatis keseimbangan tubuh juga akan terjaga. Makna yang terkandung dalam permainan ini adalah saat kehidupan memang sedang tidak berpihak pada kita, yakinlah bahwa dengan semangat dan percaya diri yang tinggi, semua itu akan bisa dilalui. Hasilnya, keseimbangan hidup pun akan terjamin. Gasing, filosofi perputaran gasing pada porosnya mengibaratkan keseimbangan, konsentrasi, ketahanan, dan seni keindahan. Lompat tali, makna dari permainan ini adalah ada banyaknya rintangan yang menghadang dalam kehidupan. Semakin dewasa, semakin besar juga rintangannya. Hingga pada saatnya “merdeka”, kita dapat terbebas dari segala macam rintangan. Yang dimaksud dengan merdeka adalah kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Melihat begitu banyaknya nilai positif yang ada dalam permainan tradisional, sudah saatnya kita mulai menghidupkannya di lingkungan kita. Ayooo Dolanan!

Gasing
Lompat Tali

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR