Aksi Bersih Candi IIWC

(20/02/2020) Relawan Indonesia International Workcamp (IIWC) melaksanakan aksi bersih Candi Borobudur setelah sebelumnya mengunjungi Balai Konservasi Borobudur untuk belajar mengenai sejarah Borobudur. Relawan IIWC yang terdiri dari 2 (dua) relawan Jepang dan 4 (empat) orang IIWC Semarang serta beberapa mahasiswa magang BKB membersihkan halaman candi dan mikroorganisme yang ada di batuan Candi Borobudur dengan didampingi oleh beberapa staff BKB.

Relawan IIWC membersihkan keset karet di halaman Candi

Di halaman candi para relawan membersihkan keset karet berlubang yang berfungsi untuk mengurangi pasir yang menempel di alas kaki pengunjung. Henny, Arkeolog BKB menyampaikan bahwa, pasir yang terbawa oleh alas kaki pengunjung berpotensi menyebabkan keausan pada batu Candi Borobudur, sehingga diharapkan pengunjung dapat membersihkan alas kaki sebelum menaiki candi Borobudur.

Pembersihan kering batuan candi menggunakan ijuk

Selain itu para relawan juga membersihkan mikroorganisme yang terdapat pada batuan Candi Borobudur. Pembersihan pada batuan Candi Borobudur kali ini dilakukan dengan teknik basah dan manual kering. Pembersihan basah batuan candi dilakukan dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi. Namun penyemprotan air bertekanan tinggi hanya untuk batuan polos candi. Sedangkan untuk batuan yang berukir atau memiliki relief dilakukan dengan pembersihan manual kering menggunakan ijuk.

Indonesia International Workcamp (IIWC) merupakan program dari PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) yang sudah dirintis sejak tahun 1998. Program IIWC merupakan program international voluntary service yang melibatkan relawan asing dan local.  

TINGGALKAN KOMENTAR