Anies Baswedan: Pameran Seni Rupa Sebagai Ruang Inspirasi

0
942

Jakarta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, secara resmi membuka Pameran Tetap (Permanent Exhibition) Galeri Nasional Indonesia (GNI). Kegiatan berlangsung di Ruang Serba Guna Galeri Nasional Indonesia yang dihadiri  pelajar, mahasiswa, kementerian dan lembaga pemerintah, seniman dan budayawan.

IMG_8067

Dalam sambutannya Anies mengapresiasi upaya Galeri Nasional Indonesia yang telah membuka pameran seni rupa tetap (permanent) karena pameran tersebut menjadi simbol ujung proses perkembangan seni rupa di Indonesia. Ia sekaligus juga merupakan babak baru dalam proses tersebut.

Menurut Anies, pameran tersebut berhasil mengintegrasikan seniman, karya seni, dan pelaku pendidikan. Terlihat dari bagaimana GNI telah melibatkan semua elemen tersebut dalam kegiatan pembukaan. “Pameran ini dapat menjadi ruang inspirasi bagi anak-anak, pelajar, mahasiswa dan mereka yang belajar , serta ruang munculnya bibit baru seniman”. ujarnya.

IMG_8074

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya ruang  yang menampilkan karya internasional dalam pameran tersebut akan memberi kesadaran bahwa bangsa Indonesia adalah bagian dari masyarakat dunia.