Rorodaan Roda-Roda

0
6445

Permainan tradisional di Indonesia sangat beragam. Tidak hanya sekedar sebagai permainan yang menyenangkan, permainan-permainan tradisional Indonesia ini juga memiliki nilai-nilai filosofis yang dapat diamalkan oleh anak-anak.Salah satunya adalah permainan Rorodaan yang mengajarkan nilai kerjasama antar anak-anak.

Rorodaan2

Permainan Rorodaan merupakan permainan yang berasal dari Jawa Barat, namun tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Yang membedakan permainan ini antar satu daerah adalah bentuk dari Rorodaan yang digunakan. Perbedaannya dapat terlihat dari bentuk dudukan, stang kemudi, atau pun bentuk hiasan roda.

Cara memainkan permainan ini sangat mudah. Dibutuhkan 2 orang dalam satu kali permainan, satu sebagai pendorong dan lainnya sebagai pengemudi atau yang mengarahkan Rorodaan, dan saling bergantian. Biasanya, Rorodaan dimainkan secara berkompetisi dan yang tercepat sampai dialah pemenangnya.

Rorodaan

Permainan Rorodaan mengajarkan anak-anak untuk saling berkerjasama dalam mencapai suatu tujuan. Dengan saling berkerjasama, anak-anak akan diajarkan untuk saling tolong-menolong dalam mencapai kesuksesan dalam kehidupan.