Antusiasme Pengunjung Car Free Day Sambangi Stand Gambar Cadas

  • Post author:
  • Post category:Berita

Jakarta — Meramaikan gelaran “Harmoni Bersama Masyarakat”, beberapa stand perwakilan Direktorat dan Museum hadir di tengah–tengah keramaian suasana car free day (CFD) di bilangan jalan Jenderal Sudirman (1/5).

Salah satu standyang paling menarik perhatian pengunjung ialah milik Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (Direktorat PCBM). Mengangkat salah satu kekayaan cagar budaya lukisan dinding gua atau gambar cadas, Direktorat PCBM menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi setiap pengunjung yang singgah.

gambar cadas direktorat PCBM

Di sini, pengunjung diberi kesempatan untuk membuat cap tangan di atas kain putih sepanjang 10 meter dengan semprotan air berwarna merah. Hal tersebut  merupakan simulasi karya manusia purba sekitar 3.000 tahun lalu untuk membuat lukisan di dalam dinding gua. Mulai pukul 06.00 hingga 08.00 sudah lebih dari 300 gambar cap tangan terkumpul dari pengunjung stand Direktorat PCBM.

Menariknya, setiap pengunjung yang mengunggah foto dengan banner stand Direktorat PCBM ke media sosial mendapatkan hadiah berupa kaos yang bisa dikreasikan dengan lukisan tangan.

pengunjung gambar cadas

Salah satu pengunjung yang mendapat hadiah tersebut ialah Margareth yang mengkreasikan lukisan tangan menjadi bentuk hati. Pameran ini disambut baik oleh para peserta yang hadir, sebagian besar pengunjung merasa senang bisa merasakan sekaligus membayangkan bagaimana manusia purba membuat lukisan dalam dinding gua.