Ratusan Gasing Akan Tampil di Indonesian Weekend

0
210

Jakarta – Sebanyak 600 gasing akan ditampilkan selama Indonesian Weekend berlangsung. Ratusan gasing tersebut terdiri dari 40 jenis yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Nadjamuddin Ramly menyampaikan, gasing merupakan permainan tradisional primadona di Indonesian Weekend. Cara bermainnya yang unik, yakni lilit dan putar, cukup menarik bagi pengunjung.

“Orang Eropa heran melihat permainan gasing, bisa dililit dan berputar dengan cepat,” ujarnya, saat acara temu media Indonesian Weekend di Gedung A, Komplek Kemdikbud, Jakarta.

Sementara itu Endi Aras, pemerhati dan pelestari permainan tradisional memboyong ratusan koleksi gasingnya untuk ditampikan di Indonesian Weekend. Agar suasana makin menarik, bersama timnya Endi memberikan atraksi gasing khas Jakarta dan Batam.

“Kalau untuk atraksi hanya gasing dari Jakarta dan Batam saja. Keduanya adalah gasing-gasing yang sudah terbiasa diatraksikan, yang lain nanti takutnya akan lepas dan kena orang. Sebab gasing-gasing itu ragam bentuk dan ukuran ada yang kecil dan besar,” jelas pria yang juga kolektor gasing sejak tahun 2005 ini.

Endi menilai, hadirnya gasing di festival bersengsi ini sebagai salah satu cara melestarikan permainan tradisional, sekaligus memperkaya pengetahuan bahwa gasing Indonesia ragam bentuk dan ukuran. Ini jelas berbeda jika dibandingkan gasing-gasing dari negara lain.

“Karena tidak banyak orang yang mau main gasing, sekarang banyaknya main gadget. Kalaupun ada toh para pemain gasing kita sudah bekerja keluar kota. Dan uniknya lagi, di setiap provinsi atau kabupaten gasing kita berbeda-beda. Ada bentuk yang bulat, lonjong, lebar dan sebagainya. Sedangkan di negara lain hanya ada model satu gasing saja,” tegasnya.

Seperti diketahui Indonesian Weekend merupakan acara promosi terpadu Indonesia yang mengangkat destinasi wisata, budaya, kuliner, fashion dan musik. Acara ini akan berlangsung pada 22 dan 23 Juli 2017 di Potters Fields Park, London, Inggris. Khusus permainan tradisional, ada pula egrang, gundu, congkak dan permainan lainnya yang dapat dieksplor pengunjung.

TINGGALKAN KOMENTAR