Rapat Kegiatan Tugas Pembantuan 2014

0
282

Jakarta, 22 Januari 2014. Bertempat di Lantai 2 Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, acara Rapat Kegiatan Tugas Pembantuan 2014.

DSC_4174

Acara ini merupakan rapat pertama koordinasi untuk tugas pembantuan. Acara ini dibuka oleh Kacung Marijan, Direktur Jenderal Kebudayaan. Salah satu bidang kebudayaan yg menjadi tanggung jawab kita itu adalah urusan permuseuman. Walaupun yang ditangani oleh pemerintahan pusat hanya 6 museum, 1 museum berada di Yogyakarta dan 5 museum di Jakarta. Museum yang terdapat di Jakarta yaitu Museum Nasional, Museum Basoeki Abdullah, Museum Sumpah Pemuda, Museum Naskah Proklamasi dan Museum Kebangkitan Nasional, sedangkan museum yang berada di Yogyakarta yaitu Museum Vredeburg.

DSC_4186

Rapat kegiatan tugas pembantuan memiliki kegiatan :

  1. Pembangunan museum baru
  2. Revitalisasi museum-museum yang sudah ada

Museum sangat penting untuk Indonesia. Museum hilang itu sama juga dengan kehilangan sejarah. Anggaran untuk tugas pembantuan ini mengalami penurunan di tahun 2014, dikarenakan penurunan anggaran juga di Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Tugas pembantuan ini perlu koordinasi yang jelas antara kepala museum dan kepala dinas agar tidak menjadi masalah di kemudian hari nya.