Permendikbud No. 76 Tahun 2015 tentang Bantuan Penulisan Buku Sejarah

0
986

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomer 76 Tahun 2015 tentang Bantuan Penulisan Buku Sejarah.

Dalam Permendikbud ini dibahas tentang pengertian, panduan, dan pengguna buku sejarah di Indonesia. Tema sejarah lokal diambil karena sering kali untuk memahami sebuah sejarah lokal dibutuhkan waktu yang lama untuk berhasil mengerti sejarah tersebut dengan baik. Dengan demikian tujuan utama dari memahami sejarah lokal adalah untuk mengenal berbagai peristiwa sejarah di daerah di seluruh Indonesia dengan lebih baik dan bermakna.

Untuk kegiatan penulisan sejarah tahun 2016, periode yang ditulis adalah mengenai Masa Revolusi dan tema sejarah lokal yang ditentukan adalah:

– Sejarah ekonomi; perkembangan denyut nadi ekonomi lokal

Contoh: Perkembangan Pasar, Munculnya Perbankan Modern, ORI (Oeang Republik Indonesia), Nasionalisasi Perusahaan Asing,    Koperasi.

– Sejarah sosial; dinamika masyarakat dan perubahan sosial

Contoh: Sejarah Pendidikan, Perubahan Startifikasi Sosial, Pertanahan, Sejarah Pers lokal, Pembentukan BKR/TKR, Po An Tui.

– Sejarah politik; dinamika politik lokal

Contoh: Kepemimpinan Lokal, Pembentukan dan Pemekaran Daerah Baru.

Informasi lebih lengkap terkait Permendikbud Nomer 76 Tahun 2015 dapat dilihat melalui tautan berikut:

PERMEN BANTUAN PENULISAN SEJARAH

new fasilitasi