Panji Merajut Keharmonisan Nusantara

0
487

Kediri-Bertepatan dengan hari lahir Kediri, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kediri menyelenggarakan Festival Panji Nasional 2017. Acara yang diselenggarakan di Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri ini dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bupati Kediri, Perwakilan Gubernur Jawa Timur, Direktur Kesenian Kemendikbud serta disaksikan oleh ribuan masyarakat Kediri (16/7).

Dalam sambutannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, sangat mendukung kegiatan yang mengangkat budaya Kabupaten Kediri tersebut karena merupakan salah satu peninggalan kekayaan budaya yang luar biasa. Cerita Panji ini adalah karya cipta simbol pertama kebangkitan sastra lisan di Jawa Timur, sebagai wilayah kerajaan besar yang menyatukan Nusantara.

Selain itu, Menteri kelahiran Madiun itu mengharap cerita Panji ada dalam kurikulum pendidikan sebagai bentuk pelestarian dan penanaman karakter. “…jangan sampai anak-anak didik yang dari Kediri tidak tahu di daerahnya ada kekayaan budaya yang luar biasa”, tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Jarianto, dalam sambutanya mengatakan bahwa persebaran cerita Panji di berbagai wilayah nusantara merupakan bentuk keberagaman dan kekayaan khasanah budaya Panji.  “Panji, dari Kediri untuk Indonesia, dan dari Indonesia untuk Dunia,” ujarnya. Hal ini senada dengan tema acara “Panji Merajut Keharmonisan Nusantara”

Bentuk keragaman budaya Panji ini diwujudkan dalam pertunjukan seni terpadu berbagai jenis kesenian yang mendapat pengaruh dari cerita Panji antara lain Kethek Ogleng, Reog Ponorogo, Tari Topeng dan Tari Gambuh. Selain itu juga ditampilkan parade karnaval yang mewakili berbagai cerita Panji di Nusantara misal Timun Mas dan Ande-ande Lumut.

Sebagai salah satu upaya melestarikan budaya Panji, Kemendibud melaui Direktorat Jenderal Kebudayaan saat ini juga sedang melakukan upaya pengajuan Cerita Panji sebagai Memmory of the World di UNESCO.

                     Sumber: Wikipedia

TINGGALKAN KOMENTAR