Pameran “Sang Merah Putih: Sejarah dan Maknanya” Digelar

0
3039

Jakarta – Puluhan potret peristiwa bendera Sang Merah Putih terpampang di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Kemdikbud, Senayan. Ini merupakan langkah kecil yang ditempuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November. Pameran bertemakan “Sang Merah Putih: Sejarah dan Maknanya” ini menyajikan materi foto-foto pahlawan dan peristiwa penting berkaitan dengan bendera Merah Putih sebagai entitas kebangsaan.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, setiap tanggal 10 November baiknya diperingati untuk menghormati pengorbanan para pahlawan yang rela gugur untuk kemerdekaan Indonesia. Hadirnya potret bendera Merah Putih tentunya menjadi upaya dalam memuliakan simbol-simbol negara.

  

“Kita perlu merawat ingatan sejarah atas tindakan para peletak dasar negara Indonesia merdeka,” ujar Hilmar Farid dalam sambutan pembukaan pameran.

Hadirnya puluhan foto dan arsip di pameran Sang Merah Putih merupakan hasil kerja sama yang baik antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Arsip Nasional RI serta Perpustakaan Nasional RI. Selain pameran, bentuk kegiatan lainnya yang akan diselenggarakan ialah Dialog Kesejarahan pada 14 November 2017.

 

TINGGALKAN KOMENTAR