Napak Tilas Proklamasi, Parade Kemeriahan Sambut HUT RI ke-72

0
336

Jakarta – Dalam rangka menyambut kemeriahan HUT Republik Indonesia yang ke-72, Museum Perumusan Naskah Proklamasi menggelar acara bertajuk Napak Tilas Proklamasi. Kegiatan ini menampilkan parade kemerdekaan yang dikemas dalam bentuk iring-iringan atau jalan kaki bersama dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi  ke Tugu Proklamasi. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat terus menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme, serta memperkuat rasa cinta terhadap Tanah Air.

Napak Tilas Proklamasi ditandai dengan iring-iringan drumband, paskibra dan pramuka.  Berbagai komunitas pun turut berpartisipasi dengan penampilan unik bertemakan perjuangan. Ada aksi teatrikal tentang merebut kemerdekaan dari penjajah hingga aksi dari Komunitas Sepeda Ontel.

Acara ini dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid.

“Ini untuk memperingati hari proklamasi yang ke-72 pada 17 Agustus 2017. Saya bangga kita bisa memberikan ini terus dengan semangat,” ujar Hilmar Farid, sekaligus membuka parade yang diikuti oleh ratusan peserta.

Selain kegiatan Napak Tilas Proklamasi, Museum Perumusan Naskah Proklamasi menyuguhkan serangkaian acara menarik selama seharian penuh. Diantaranya lomba permainan tradisional, pameran foto, aksi mural, bazar makanan tradisional hingga pemutaran film dokumenter bertema perjuangan dalam meraih kemerdekaan.

Tak hanya itu, para peserta Napak Tilas Proklamasi juga diajak kembali membuka memori perjuangan para perintis kemerdekaan Republik Indonesia dengan informasi sejarah yang ditampilkan di dalam museum.

TINGGALKAN KOMENTAR