Konser Akbar Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza: Rangkum Muatan Filosofis Kebangsaan

0
336

Jakarta – Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober, lagu Indonesia Raya 3 stanza disosialisasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan. Sosialisasi lagu Indonesia Raya 3 stanza makin memperkuat bahwa lagu kebangsaan Tanah Air ini mampu merangkum pemikiran dan kepercayaan tentang hakikat bernegara. Termasuk di dalamnya tujuan bernegara dan sifat-sifat kewarganegaraan yang dibutuhkan untuk menegakkan marwah warga dan negaranya.

Acara Konser Akbar Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza ini berlangsung di Aulia Simfonia, Kemayoran, Jakarta.

Dalam sambutannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan, dorongan untuk terus mensosialisasikan lagu Indonesia Raya tiga stanza ialah dalam menjaga keanekaragaman Indonesia yang sangat luar biasa jumlahnya. Pilihan yang tepat yakni dengan menanamkan rasa cinta Tanah Air sejak dini terus menerus. Ia pun mengajak masyarakat mengenal kembali lagu Indonesia Raya secara utuh dan lengkap melalui laman Laguindonesiaraya.id. Melalui laman tersebut, terdapat ragam versi lagu Indonesia Raya, baik versi unisono, piano, simfoni, harmoni dan fanfare yang dapat diunduh dan digunakan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menuturkan bahwa kegiatan ini menjadi cara yang baik untuk mengingatkan kembali perjalanan panjang lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang diciptakan oleh W.R Supratman. Apalagi banyak yang belum mengetahui dan hapal betul lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza, sehingga acara ini dianggap menjadi momentum tepat dalam mensosialisasikannya.

“Mungkin banyak dari yang belum menyadari lagu kebangsaan kita terdiri dari tiga stanza, karena terbiasa menyanyikan satu stanza,”ujarnya.

Kegiatan Konser Akbar Lagu Kebangsaaan Indonesia Raya 3 Stanza ini didukung dengan penampilan Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara, putra-putri terbaik bangsa yang dipimpin oleh Sapta Ksvara Kusbini, putra ketujuh maestro musik Indonesia, Kusbini. Turut pula menampilkan Virzha Idol dan Nowela Idol yang menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Seperti diketahui, Lagu Indonesia Raya merupakan pandu bagi segenap warga negara Republik Indonesia untuk mulai belajar memahami pembukaan UUD 1945 dan Pancasila sebagai dasar negara. Dari sini, tersirat bahwa musik punya andil besar dalam kelahiran sebuah bangsa dan merawat jiwanya menghadapi segala rintangan penjajahan.  Melalui lirik-liriknya yang mendalam, W.R Supratman mampu menjadi mantra pengikat yang menyatukan orang-orang dari berbagai suku, dan dengan bangga menyebut dirinya satu bangsa, yakni Bangsa Indonesia. Menilik lebih jauh lirik di stanza kesatu, kedua dan ketiga, tentunya mencerminkan makna yang mendalam tentang Indonesia dan rasa nasionalisme bangsa.

 

TINGGALKAN KOMENTAR