Kemendikbud Peringati Hari Ibu Bangsa

0
533

Jakarta – Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud menggelar kegiatan Hari Ibu dengan tema “Ibu Bangsa” di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemendikbud, Kamis (22/12). Turut hadir Mendikbud Muhadjir Effendy beserta istri Suryan Widati, Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, serta jajaran pejabat di lingkungan Kemendikbud.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang dan memaknai kembali Kongres Perempuan Indonesia pertama dimana peristiwa bersejarah tersebut menandai tonggak awal gerakan perempuan nasional yang memuat nilai budaya yang dirasa penting bagi penguatan karakter bangsa.

Tari Merak yang merupakan tari ragam kreasi baru mengawali acara. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh Hilmar Farid. Dalam sambutannya, Hilmar menjelaskan tujuan dan rangkaian kegiatan. “Ini adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan yang juga bekerja sama dengan Sanggar Seni Anak asuhan Aditya Gumay,” jelasnya.

Mendikbud pun turut mengapresiasi kegiatan ini. “Saya mengapresiasi kegiatan ini karena diselenggarakan dengan nuansa yang berbeda. Ini adalah aktivitas kebudayaan yang segar,” ujarnya. Berbagai acara apik pun digelar. Pementasan semi operet babak 1 mengenai sejarah kongres perempuan oleh para Srikandi Kemendikbud menjadi acara selanjutnya.

Kemudian, musikalisasi/dramatisasi puisi yang dibawakan oleh Sanggar Seni KInanti Sekar juga mampu menjadi perhatian pengunjung yang hadir. Acara terakhir adalah operet yang dibawakan kembali oleh Srikandi Kemendikbud mengenai Hari Ibu.

Acara ditutup dengan pemberian bunga oleh Suryan Widati Muhadjir kepada seluruh pengisi acara dan berfoto bersama. Selain pertunjukkan apik, pengunjung juga dapat menikmati Pameran Foto Sejarah Kongres Perempuan yang berada di selasar Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemendikbud.

TINGGALKAN KOMENTAR