Kemdikbud Berikan Penghargaan kepada Puluhan Maestro Seni Tradisi

0
169

Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Warisan Diplomasi dan Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali menggelar Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni dan Tradisi 2017. Penghargaan diberikan langsung oleh Mendikbud Muhajir Effendy di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemdikbud, Kamis (28/9).

Membuka sambutan, Mendikbud menyampaikan apresiasinya terhadap para penerima anugerah dan penghargaan. “Sebagian besar yang hadir di sini adalah orang-orang yang saya kagumi, bahkan saya hafal beberapa lagu yang dinyanyikan oleh Vinna Panduwinata dan Memes,” katanya.

Tentu saja, ia melanjutkan, penghargaan ini tidak memiliki nilai seberapa dibanding dengan apa yang telah dimainkan atau diperankan oleh para penerima anugerah. “Namun, penghargaan ini sebetulnya hanya sekedar menandakan bahwa pemerintah, melalui Kemdikbud saat ini, sangat hormat dan menaruh pengahargaan yang tinggi atas karya-karya para penerima anugerah ini,” jelas Mendikbud.

Ia juga menjelaskan, dengan disahkannya UU Pemajuan Kebudayaan, pemerintah memiliki pijakan yang cukup kuat untuk terus memberikan dukungan terhadap eksistensi dari berbagai macam sumber kebudayaan yang ada, sehingga dapat terus dikembanngkan dan menjadi kekayaan khasanah bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Tahun ini terdapat 47 orang penerima penghargaan kebudayaan yang sudah ditetapkan dari berbagai kategori, di antaranya:

  1. Kategori Bintang Budaya Parama Dharma sebanyak 3 penerima
  2. Kategori Satyalancana Kebudayaan sebanyak 8 penerima
  3. Kategori Pencipta, Pelopor dan Pembaru sebanyak 8 penerima
  4. Kategori Pelestari sebanyak 8 penerima
  5. Kategori Komunitas sebanyak 3 Komunitas
  6. Kategori Anak Remaja sebanyak 5 penerima
  7. Kategori Pemerintah Daerah sebanyak 5 penerima
  8. Kategori Perorangan Asing sebanyak 3 penerima
  9. Kategori Maestro Seni Tradisi sebanyak 4 penerima

Acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan-penampilan seni musik dan seni tari, di antaranya kolaborasi musik etnik yang dibawakan oleh Dwiki Dharmawan, Irang Awai, Roland M. Lumbantobing, Irwansyah Harahap, Rudolf Joppy Sajow. Tak kalah menarik, penampilan seni tari Balet Indonesia dari Sanggar Ibu Marlupi Sijangga juga turut meriahkan malam Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni dan Tradisi 2017.

 

Mendikbud berharap, para penerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni dan Tradisi dapat terus mewariskan ilmunya kepada generasi muda, sehingga seni budaya yang ada tidak terputus dan terus lestari.

TINGGALKAN KOMENTAR