Indonesia dan Belanda Perkuat Kerjasama Pendidikan Kejuruan dan Kebudayaan

0
286

Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu pengetahuan sepakat untuk memperkuat kerjsama bidang kebudayaan dan pendidikan kejuruan, senin (13/07/2017), di kantor Kemdikbud, Senayan Jakarta.

Bentuk kerjasama itu ditandi dengan penandatanganan 3 naskah kerjasama yaitu Memorandum of Understanding (MoU) bidang kebudayaan, dan Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu pengetahuan Belanda Jet Bussemaker. Sementara Technical Arrangement (TA) ditandatangani oleh Direktur pembinaan SMK, Mustaghfirin Amin dan Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol.

Dalam Bidang Kebudayaan Indonesia mengapresiasi kemampuan Belanda dalam bidang pengelolaan kearsipan dan permuseuman, sementara Indonesia memiliki keunggulan dalam keanekaragaman budaya tradisional. Banyak potensi kerjasama dalam bidang Kebudayaan yang dapat dilakukan kedua negara.

Salah satunya adalah Indonesia aktif dalam kegiatan misi budaya ke Belanda dengan mempersiapkan Rumah Budaya Indonesia (RBI) di Belanda sebagai pusat aktivitas budaya.

Dari hasil kerjsama baik MoU, LoI, dan TA ini juga diharapkan dapat lebih memperluas skala promosi dan membuka peluang kerjsama yang lebih luas lagi dalam berbagai sistem pendidikan kejuruan yang terbaik di antara kedua negara.

 

TINGGALKAN KOMENTAR