Fasilitasi Komunitas Kesejarahan 2017

0
14217

Pada Tahun anggaran 2017, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Kesejarahan kepada kelompok masyarakat di Indonesia sebagai upaya apresiasi sejarah melalui aktivitas kesejarahan.

Bantuan Pemerintah ini diberikan kepada kelompok Masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dalam upaya dukungan pemerintah terhadap setiap aktivitas kesejarahan yang diantaranya memfasilitasi berbagai kegiatan kesejarahan yang dilakukan sejarawan, budayawan, organisasi profesi, komunitas dan masyarakat.

Direktorat Jenderal Kebudayan, Kemdikbud melalui Direktorat Sejarah mengeluarkan Petunjuk Teknis yang dapat digunakan oleh calon penerima, agar dapat dijadikan acuan teknis dalam upaya memperoleh bantuan dan teknis pelaporan setelah menerima bantuan tersebut.

Diharapkan bantuan pemerintah melalui Fasilitasi Komunitas Kesejarahan Tahun 2017 ini dapat dimanfaakan dengan baik oleh pegiat komunitas sejarah yang memiliki idealisme dan komitmen yang kuat terhadap keberlangsungan pengembangan sejarah, akan tetapi terbentur dengan berbagai permasalahan menyangkut legalitas, keterbatasan dan sarana dan prasarana. Maka dengan program ini dapat membantu mengatasi kendala dan hambatan yang muncul selama ini dari pegiat sejarah. Program ini bertujuan untuk dapat mempertahankan eksistensi nilai-nilai sejarah yang dikembangkan oleh pegiat sejarah baik itu komunitas/ kelompok/ organisasi. Bantuan fasilitasi komunitas kesejarahan dibagi menjadi 5 (lima) yaitu :

  1. Fasilitasi Penulisan Sejarah Lokal untuk Guru (MGMP) Sejarah
  2. Fasilitasi Penulisan Sejarah
  3. Fasilitasi Event Sejarah
  4. Fasilitasi Pembuatan Film Sejarah
  5. Fasilitasi Pengembangan Aplikasi Kesejarahan

Pengiriman proposal Fasilitasi Komunitas Kesejarahan 2017 dapat dikirimkan dari tanggal 23 Januari 2017 – 6 Maret 2017 (tertanda cap pos). ………….. (YZH/PR)

Untuk lebih lengkap mengenai teknis bantuan pemerintah, berikut Petunjuk Teknis Fasilitasi Komunitas Kesejarahan Tahun 2017 yang dapat didownload disini

LEAVE A REPLY