Dicari Duta Museum 2012

0
194

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ingin membangun kembali citra museum sekaligus mengubah paradigma masyarakat mengenai museum. Oleh karena itu, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Ditjen Kebudayaan Kemendikbud mengadakan pemilihan Duta Museum 2012.

Kegiatan yang diadakan melalui tersebut, tujuannya untuk menghilangkan anggapan dalam masyarakat yang selama ini tentang museum yang gelap dan kumuh. Menurut penanggung jawab Pemilihan Duta Museum, Lisa Ayodhia, pemilihan duta museum ini bukan seperti pemilihan model-model lainnya. Salah satu caranya dengan memiliki duta museum yang cakap dan terampil memberi informasi, serta mencitrakan wajah museum di Indonesia yang menarik, dan pantas untuk dikunjungi.

“Setiap provinsi, memilih dua duta museumnya dan kemudian dua orang itu dikirim ke Jakarta untuk pematangan pengetahuan mengenai museum. Salah satu tugas pokok dari duta museum adalah mengajak masyarakat untuk mencintai museum,” katanya di Jakarta, Selasa (13/11).

museum geologi

Berbagai materi pembekalan diberikan kepada 66 duta museum tersebut mulai dari pengetahuan tentang museum hingga pelajaran etika. Para duta museum di tingkat daerah tersebut, nantinya akan membantu duta museum nasional untuk menyosialisasikan dan mengomunikasikan gerakan masyarakat Indones ia untuk mencintai museum.

Duta museum tersebut, adalah pria dan wanita minimal lulus sekolah menengah atas usia dari 33 provinsi, yang berpenampilan menarik dan memiliki pengetahuan tentang permuseuman. Rangkaian kegiatan pemilihan Duta Museum Indonesia ini, tambah Lisa, berlangsung 6-25 November. Hal itu meliputi sosialiasi ke Dinas Kebudayaan, pembekalan duta museum, malam inagurasi, dan museum mart.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti menuturkan, kegiatan itu sebagai tindak lanjut program revitalisasi museum pada 2010. Program ini bertujuan untuk mendekatkan museum ke masyarakat.

“Selama ini, pendekatan museum dan masyarakat masih menggunakan cara-cara lama. Namun, saat ini pola tersebut diubah menjadi partisipasi aktif. Tahun lalu, Duta Museum kita adalah Sigi Wimala. Hasilnya, masyarakat semakin mengenal museum. Museum menyimpan pengetahuan mengenai peradaban bangsa. Tapi sayangnya, sedikit masyarakat yang tertarik berkunjung ke museum,” jelas dia

TINGGALKAN KOMENTAR