Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Salah Satu Upaya Menyebarkan Informasi

0
45

BPSMP Sangiran setiap tahunnya menerbitkan buku bagi berbagai target sasaran, mulai dari anak, dewasa, akademisi, maupun masyarakat umum. Dengan berbagai sasaran berbeda tersebut diharapkan masyarakat dapat mengakses informasi sesuai dengan usia maupun latar belakang pendidikannya.

Untuk menyebarluaskan informasi, salah satu cara yang dilakukan BPSMP Sangiran adalah menyebarkan buku pada masyarakat, salah satunya pada taman bacaan masyarakat atau komunitas. Buku-buku terbitan BSPMP Sangiran diberikan pada taman bacaan masyarakat atau komunitas secara gratis dan tidak boleh diperjualbelikan.

Hal inilah yang selalu ditekankan pada penyerahan buku-buku terbitan BPSMP Sangiran. Buku-buku tersebut diharap dapat dengan mudah diakses masyarakat melalui taman bacaan maupun komunitas yang dikenali masyarakat. Buku-buku terbitan BPSMP Sangiran merupakan sebuah “jendela informasi” yang dapat menjadi salah satu referensi bagi masyarakat.

Salah satu taman bacaan masyarakat yang mendapat buku tersebut adalah Taman Bacaan Masyarakat “Bintang-Matahari”. Taman Bacaan Masyarakat “Bintang-Matahari” ini beralamat di Jl. Wates No 35 RT 6, km 2 Dusun V Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55182.

Taman Bacaan Masyarakat Dusun Kadipiro “Bintang-Matahari” ini memiliki tujuan untuk mencerdaskan masyarakat melalui literasi. Di dalam profil singkat yang dikirimkan pada BPSMP Sangiran, taman baca ini berawal dari kesenangan dalam dunia literasi keluarga Bapak Ahmad Riyatno. Kesenangan dalam dunia literasi ini membuat koleksi bukunya makin banyak sehingga pada awal tahun 2016 didirikanlah Taman Bacaan Masyarakat Dusun Kadipiro “Bintang-Matahari”.

Pelayanan pada Taman Bacaan Masyarakat Dusun Kadipiro “Bintang-Matahari” ini dilakukan melalui cara konvensional yaitu dengan datang langsung dan dapat melalui gawai yang dilengkapi dengan catalog koleksi. Melalui gawai para anggotanya dapat memesan buku yang diinginkan, jika buku yang diinginkan tersedia maka bisa datang untuk meminjam buku.

Taman bacaan ini juga memiliki beberapa lembaga yang mendukung aktivitasnya, seperti tokoh masyarakat, Ketua RT, lembaga pemerintah, LSM (nirlaba), dan juga jaringan literasi. Dengan dukungan tersebut, Taman Bacaan Masyarakat “Bintang-Matahari” mencoba untuk terus berkembang dengan koleksi yang dimiliki. Koleksi yang dimiliki berupa koleksi cetak seperti Buku, majalah, koran, brosur, dan lain-lain. Koleksi non cetak seperti VCD/DVD keping, kaset pita, e-book, dan lain-lain.

Dengan keberadaan Taman Bacaan Masyarakat “Bintang-Matahari” diharap dapat membantu tugas BPSMP Sangiran dalam menyebarluaskan informasi. Masyarakat dengan mudah mengakses informasi melalui buku-buku cetakan BPSMP Sangiran. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR