Rombongan SMA Negeri 1 Tempel Memahami Sejarah dan Menumbuhkan Cinta Tanah Air dengan Berkunjung di Museum Manusia Purba Sangiran

0
738

Guna memahami sejarah bangsa, menumbuhkan cinta tanah air dan sesuai dengan program kerja SMA Negeri 1 Tempel, Sleman, Yogyakarta berkunjung ke berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran. SMA Negeri 1 Tempel terletak di Banjarharjo, Pondokrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

SMA Negeri 1 Tempel yang terletak di kecamatan terjauh dari pusat kota DIY ini didirikan tahun 1998. SMA ini telah menunjukkan kualitasnya di Kabupaten Sleman, baik dalam bidang akademik, olahraga, maupun kegiatan siswanya.

Pemahaman pengetahuan sejarah diyakini akan meningkatkan pengetahuan serta menumbuhkan sikap cinta dan bangga terhadap peninggalan masa lalu yang dimiliki bangsa Indonesia.

Rombongan SMA Negeri 1 Tempel yang berkunjung pada hari Kamis 20 April 2017 sejumlah 120 siswa kelas X dan 9 guru pendamping. Rombongan diperkenalkan tentang Sangiran dengan diberikan presentasi yang mengulas tentang sejarah, nilai penting, temuan fosil dan artefak yang ada di Sangiran. Melalui presentasi, rombongan lebih dipahamkan lagi tentang materi yang dipresentasikan dengan diskusi dan tanya jawab.

Setelah itu guna lebih mengenalkan Sangiran, di tontonkan film tentang Sangiran yang lebih memperjelas pengetahuan tentang Sangiran melalui audio visual. Kunjungan ini diakhiri dengan berkeliling display museum yang menjelaskan Sangiran melalui koleksi serta teknologi modern yang menyertainya.

Kunjungan ke Sangiran ini, menjadikan para murid menjadi lebih terbuka wawasannya dengan belajar langsung ke lapangan. Dengan penjelasan lengkap serta menyaksikan berbagai koleksi yang dipamerkan sebagai bukti keistimewaan Sangiran. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR