Ekskavasi Cara Arkeologi Untuk Mendapatkan Data Dari Masa Silam Di Situs Sangiran

0
1202

Kehidupan masa silam banyak yang masih menyisakan misteri yang perlu dipecahkan untuk mendapat sebuah jawaban guna pengembangan pengetahuan. Kehidupan masa silam telah mewariskan berbagai tinggalan masa silam berupa benda-benda maupun jejak-jejak hasil aktivitas kepada kita.

Bagi seorang arkeolog, benda maupun jejak-jejak tersebut merupakan barang yang sangat berharga sehingga selalu dicari-cari. Tinggalan masa silam berupa benda maupun jejak-jejak masa lalu, arkeolog dapat merekonstruksi kehidupan masa lalu dengan segala kondisi dan aktivitasnya. Di Situs Sangiran terdapat berbagai tinggalan dari kehidupan masa silam. Tinggalan tersebut berupa berbagai fosil binatang air dan darat; fosil kayu; fosil tulang manusia purba; berbagai jenis alat batu seperti alat serpih, bilah, serut, bola batu, kapak perimbas, dan kapak penetak; serta alat dari bahan tulang.

Penjelasan tentang kehidupan masa silam yang disajikan dalam buku ini dengan berbagai tema:

  1. Tinggalan Masa Silam
  1. Tinggalan-Tinggalan Di Situs Sangiran
  1. Pekerjaan Seorang Arkeolog
  1. Cara Mendapatkan Tinggalan Masa Lalu
  1. Proses Ekskavasi

Pencarian data guna menyingkap masa silam guna perkembangan pengetahuan membutuhkan suatu proses panjang. Proses tersebut harus berurutan dan teratr sehingga mendapatkan data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR