Berbagi Ilmu Bersama dalam Seminar Pengelolaan Museum

0
924

Malang – Pekan Budaya Indonesia 2016 memasuki hari terakhir penyelenggaraan. Sebelum menutup kegiatan budaya tahunan tersebut, Museum Nasional Indonesia berkerjasama dengan Asosiasi Museum Daerah (AMIDA) Jawa Timur mengadakan Seminar Pengelolaan Koleksi Museum dengan menghadirkan dua tokoh permuseuman Indonesia, yaitu Himawan dan Gunawan. Kegiatan ini dilaksanakan di Museum Resto Inggil, Malang, Jawa Timur, Senin (5/9).

DSC_9381

Dedah R. Sri Handari, selaku Kabid Program Museum Nasional Indonesia menyampaikan bahwa seminar ini bukan hal yang baru. “Tahun lalu, ketika PBI dilaksanakan di Semarang, kami telah melaksanakan kegiatan serupa dengan mengangkat tema konservasi koleksi museum,” ujar Dedah.

Dwi Cahyono, selaku Ketua AMIDA Jawa Timur dan juga Kepala Musuem Malang Tempo Doeloe turut menyampaikan sambutan dalam kegiatan ini. Menurutnya, pemilihan Malang sebagai tempat penyelenggaraan PBI 2016 merupakan hal yang tepat. “Terdapat 42 museum yang tersebar di Jawa Timur. Maka pemilihan Jawa Timur, khususnya Malang sebagai tempat penyelenggaraan PBI 2016 merupakan hal yang sangat baik dikarenakan banyaknya tempat kebudayaan di Jawa Timur,” tutur Dwi Cahyono.

DSC_9390

Peserta yang hadir dalam Seminar Pengelolaan Museum adalah para kepala-kepala museum, aktifis dan pemerhati museum, serta komunitas-komunitas museum yang berada di Jawa Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR